Panduan Terlengkap Berguru Microsoft Word Bagi Pemula
Microsoft Word yaitu salah satu dari banyaknya aplikasi pengolah kata yang tersebar di dunia. Namun Microsoft Word lah yang paling terkenal diantaranya.
Karena kepopuleran ini, tidak sedikit orang yang ingin berguru microsoft word, sehingga yang tadinya pemula menjadi lebih andal dalam menggunakannya.
Penggunaan Microsoft Word sendiri biasanya dipakai untuk mengerjakan suatu dokumen ketikan, menyerupai makalah, laporan praktikum, surat, label undangan, dan masih banyak lagi.
Namun bagaimana tahapan-tahapannya? Dari mana kita sanggup memulai berguru microsoft word?
Oke untuk menjawabannya, Berikut adalah...
InshaAllah dari Nol hingga Selesai.
[update]Mungkin pada dikala postingan ini gres dibuat, postingan ini belum terlalu lengkap, jadi setiap waktunya postingan ini akan terus diupdate, jadi bookmark halaman ini ya..[/update]
Disini saya menggunakan versi Microsoft Word 2016, tapi tidakboleh khawatir, bagi kawan-kawan yang menggunakan versi lainnya, kawan-kawan sanggup menggunakan tutorial yang berada pada panduan ini, spesialuntuk saja mungkin ada beberapa hal yang agak tidak sama.
Langsung saja, kita mulai dari..
Untuk memulai Microsoft Word, kita sanggup melakukannya dengan beberapa cara, diantaranya ialah:
1. Klik Start > All Programs > Word 2016. Untuk Microsoft Word versi lama, Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word...
2. Pada kotak pencarian, masukkan "winword" atau "word".
Microsoft Word akan terbuka, selanjutnya kita kenalan dengan bagian-bagiannya.
Penjelasan:
1. Quick Access Toolbar: Secara defaul meliputi tombol save, undo, dan redo, namun masih bisa ubah sesuaikan kembali.
2. Title Bar: Judul / Nama dokumen yang sedang dibuat.
3. Icon Control Window: Untuk melaksanakan minimize window, full window / windowed mode, dan mengeluarkan program.
4. Tab Menu.
5. Tell Me: Untuk mencari tools yang diinginkan.
6. The Ribbon: Berisi sekumpulan tools yang terdapat disetiap Tab Menu.
7. Vertical Ruler: Penggaris vertikal.
8. Horizontal Ruler: Penggaris horisontal.
9. Document Area: Lembar kerja di Microsoft Word dimana kita biasa ngetik.
10. Vertical Scrollbar.
11. Status Bar: Berisi banyaknya halaman, banyaknya kata, dan lainnya.
12. Mode pembacaan dokumen dan pengaturan zoom.
Untuk memahaminya, kawan-kawan sanggup mencoba-coba klik pada bagian-bagian tersebut untuk melihat hasilnya.
Teknik mengetik menggunakan 10 jari, alasannya 11 jari sudah terlalu mainstream 😂
Untuk melakukannya bahwasanya gampang, apalagi jikalau kawan-kawan sebelumnya sering mengetik di hp yang keyboardnya qwerty, tata letak keyboard komputer niscaya mudah untuk diingat.
Namun hafal tata letak saja tidak cukup. Meskipun tata letak sudah ingat di luar kepala, namun dikala ngetiknya masih menggunakan metode 11 jari, kecepatan mengetik akan lebih lambat dibanding dengan menggunakan metode 10 jari.
Untuk melaksanakan metode 10 jari, tipsnya mudah sekali, kita spesialuntuk perlu metakkan jari telunjuk asisten di tombol "J", jari telunjuk tangan kiri di tombol "F", dan tombol spasi pakai Jempol.
Kita sanggup melihat ilustrasinya:
Saat pertama kali memang kaku, susah menyesuaikannya alasannya sudah terbiasa dengan metode 11 jari. Namun dengan tes terus menerus akan terbiasa.
Proses tidak akan menghianati hasil ya kawan-kawan..
Sekarang ketik goresan pena apa saja sebanyak 4 baris atau beberapa baris.. yang pastinya menggunakan metode 10 jari.. Lalu lanjut...
Sekarang kita akan mengatur penulisan di Microsoft Word, menyerupai mengatur ukuran font, jenis font, rata baris, dan lain-lain.
Kita sanggup mengatur typografi (tata penulisan) di Microsoft Word pada dikala sebelum memulai mengetik, dan setelah mengetik isi dari suatu dokumen.
Barusan kawan-kawan sudah mengetik beberapa baris, kini blok seluruh goresan pena yang sudah dibuat, dan sambil di praktikkan.
Pengaturan dasar tata penulisan terletak pada Ribbon Tab Menu Home.
Penjelasan perkotak dari kiri ke kanan:
1. Kotak untuk memilih jenis font; Kotak untuk memilih ukuran font / teks; Untuk memperbesar font; Untuk memperkecil font; Mengatur penerapan aksara besar atau kecil pada kalimat / teks; Untuk mengembalikan format penulisan.
2. Untuk mengatur bullet; Untuk mengatur numdibering; Untuk mengatur bullet and numdibering.
3. Untuk mengatur teks semoga menjorok ke luar; Untuk mengatur teks untuk menjorok kedalam;
4. Untuk menebalkan teks; Untuk memiringkan teks; Untuk menambahkan garis bawah pada teks; Untuk mencoret teks; Untuk membuat goresan pena kecil dibagian bawah teks; untuk membuat goresan pena kecil di atas teks (seperti pangkat contohnya); Menambahkan efek pada teks; Menandai teks; Mengatur warna teks.
5. Mengatur goresan pena rata kiri; Mengatur goresan pena rata tengah; Mengatur goresan pena rata kiri; Mengatur goresan pena rata kanan dan kiri.
6. Untuk mengatur spasi.
7. Menambahkan warna background teks.
Untuk menyimpan dokumen, caranya:
Klik Tab Menu File > Save, atau dengan menekan CTRL + S pada keyboard.
Klik browse, tentukan letak penyimpanannya dimana.
Masukkan nama filenya dan tentukan jenis filenya.
Ada banyak jenis file yang terdapat dalam sajian ini, diantaranya:
Namun biasanya pilihan yang banyak dipakai adalah:
1. Word Document: untuk menyimpan dengan jenis file Word yang sedang dijalankan. (dapat diedit kembali)
2. Word 97-2003 Document: untuk menyimpan dengan jenis file Word 2003. (dapat diedik kembali)
3. PDF: untuk menyimpan dengan jenis PDF. (tidak sanggup diedit kembali)
Untuk mencetak dokumen Microsoft Word,
Klik Tab Menu File > Print, atau dengan menekan tombol CTRL + P di keyboard, kemudian klik Print.
Nah setelah kita berguru dari atas hingga bab ini, kita sudah bisa untuk mengoperasikan dasar-dasar penerapan Microsoft Word.
Selanjutnya tutorial akan berada pada postingan terpisah.. Berikut diantaranya...
Sebelumnya kita sudah bisa untuk mencetak dokumen degan mode berwarna, kini kita akan mencetak dokumen dengan mode hitam putih.
Print dengan mode hitam putih sangat memmenolong sekali, salah satunya untuk menghemat pengeluaran dikala ngeprint dokumen di warnet atau kawasan pengetikan.
Baca selengkapnya di: Teknik Print Hitam Putih di Word
Terkadang jikalau jarak antar barisnya terlalu sempit, goresan pena akan susah untuk dibaca, begitupun juga jikalau jarak antar barisnya terlalu renggang, jadi pilihlah jarak spasi yang pas.
Baca selengkapnya di: Teknik Mengatur Jarak Spasi Antar Baris dan Paragraf di Microsoft Word
Biasanya pada dikala membuat suatu tugas, contohnya laporan praktikum, ada ketentuan-ketentuan penulisannya. Salah satunya yaitu jarak marginnya.
Untuk mengetahui bagaimana cara mengatur margin,
Baca Selengkapnya di: Teknik Mengatur Margin di Microsoft Word
Untuk membuat tabel,
Baca selengkapnya di: Teknik Lengkap Membuat Tabel di Microsoft Word
Nah ada solusinya nih biar kita tinggal ngetik aja tanpa meluruskannya..
Baca selengkapnya di: Membuat Ruang Tanda Tangan yang Rapih di Word
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Tulisan Berkolom di Word
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Drop Cap
Memasukkan dan mengatur gambar di Microsoft Word.
Terkadang kita agak kesusahan untuk mengatur suatu gambar, ketika gambar digeser, goresan pena menjadi acak-acakan.
Untuk mengaturnya,
Baca selengkapnya di: Teknik Memasukan gambar
Header sangat mempunyai kegunaan sekali ketika membuat suatu dokumen. contohnya kita sanggup memasukkan nomor halaman, kita sanggup menggunakannya untuk kop surat, dan lain-lain.
Untuk mengatur header,
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Sama menyerupai header, biasanya kegunaan footer yaitu untuk penomoran halaman. Namun kita juga bisa menggunakannya untuk banyak sekali hal lainnya, menyerupai untuk nama penulis, judul dokumen, dan lain-lain.
Untuk mengatur footer,
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Membuat penomoran pada halaman di bab atas atau bawah dokumen, entah itu berbentuk angka, romawi, atau huruf.
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word
Untuk membuat border pada dokumen,
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Border di Microsoft Word
Nah kali ini kita akan membuat daftar isi yang otomatis, jadi kita spesialuntuk perlu sekali saja untuk menyesuaikannya. Untuk caranya,
Baca selengkapnya di: Membuat Daftar isi Otomatis
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Kini tinggalkan cara usang yang manual. Untuk menciptakannya secara praktis, ada cara otomatisnya, kita spesialuntuk perlu memasukkan data-data sumbernya, dan klik sana klik sini, selesai.
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word
Apalagi yang sering mengembangkan dokumen di internet, dengan menggunakan watermark sumber identitas pemilik inshaAllah tidak akan terhapus.
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Watermark di Word
Teknik mencari suatu kata atau kalimat di dalam dokumen Microsoft Word. Namun bukan spesialuntuk mencari saja, kita juga bisa mengubah kata yang dicari tersebut.
Misalnya di dalam suatu dokumen terdapat bab yang typo, menyerupai kata "paralel" yang seharusnya "parallel" sebanyak 40 kali. Nah untuk menggantinya, biasanya kita menggantinya satu persatu, dan dijamin ribet.
Nah dengan kemampuan Find and Replace ini, kata yang sebanyak 40 kali tersebut sanggup diubah dengan sekaligus, dan yang pastinya praktis.
Baca selengkapnya di: Merubah Tulisan yang Sama secara Serentak
Ada 2 cara yang bisa kita gunakan, yaitu dengan Microsoft Word itu sendiri dan dengan menggunakan software tambahan.
Baca selengkapnya di: Teknik Menulis Rumus Matematika di Word
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Label Undangan di Microsoft Word
melaluiataubersamaini dasar ini, kita sanggup mengembangkannya menjadi hasil yang lain, menyerupai surat seruan yang penerimanya banyak, label untuk buku pelajaran, dan lain-lain.
Terkadang pada hal tertentu kita bisa saja harus menggunakan ukuran kertas F4 pada lembar kerja microsoft word, namun akungnya ukuran F4 pada microsoft word tidak tersedia, sehingga harus kita setting dengan manual.
Baca selengkapnya di: Teknik Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word
Masih ada yang kurang dari Panduan Belajar Microsoft Word ini?
Kalau begitu kawan-kawan sanggup melaksanakan request panduannya di kolom komentar.
Teman-kawan juga sanggup bertanya di kolom komentar.
Mungikin sekian dari panduan ini, terimakasih sudah mengunjungi blog aku, dan semoga bermanfaa.
Wassalamu'alaikum wr wb.
Karena kepopuleran ini, tidak sedikit orang yang ingin berguru microsoft word, sehingga yang tadinya pemula menjadi lebih andal dalam menggunakannya.
Penggunaan Microsoft Word sendiri biasanya dipakai untuk mengerjakan suatu dokumen ketikan, menyerupai makalah, laporan praktikum, surat, label undangan, dan masih banyak lagi.
Namun bagaimana tahapan-tahapannya? Dari mana kita sanggup memulai berguru microsoft word?
Oke untuk menjawabannya, Berikut adalah...
Panduan Terlengkap Belajar Microsoft Word bagi Pemula
Dalam panduan ini, akan disuguhkan kumpulan-kumpulan tutorial yang sanggup memmenolong kawan-kawan tiruana mempelajari Microsoft Word lebih dalam.InshaAllah dari Nol hingga Selesai.
[update]Mungkin pada dikala postingan ini gres dibuat, postingan ini belum terlalu lengkap, jadi setiap waktunya postingan ini akan terus diupdate, jadi bookmark halaman ini ya..[/update]
Disini saya menggunakan versi Microsoft Word 2016, tapi tidakboleh khawatir, bagi kawan-kawan yang menggunakan versi lainnya, kawan-kawan sanggup menggunakan tutorial yang berada pada panduan ini, spesialuntuk saja mungkin ada beberapa hal yang agak tidak sama.
Langsung saja, kita mulai dari..
1. Memulai Microsoft Word
Untuk memulai Microsoft Word, kita sanggup melakukannya dengan beberapa cara, diantaranya ialah:
1. Klik Start > All Programs > Word 2016. Untuk Microsoft Word versi lama, Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word...
Microsoft Word akan terbuka, selanjutnya kita kenalan dengan bagian-bagiannya.
2. Mengenal Bagian-Bagian dalam Microsoft Word
Penjelasan:
1. Quick Access Toolbar: Secara defaul meliputi tombol save, undo, dan redo, namun masih bisa ubah sesuaikan kembali.
- Tombol save dipakai untuk menyimpan dokumen
- Tombol undo dipakai untuk mengembalikan ke kondisi sebelumnya, jadi kalau ada pengaturan yang salah dan ingin dikembalikan lagi, klik ini.
- Tombol redo, ini kebalikan dari undo yaitu untuk mengembalikan ke kondisi sesudahnya.
2. Title Bar: Judul / Nama dokumen yang sedang dibuat.
3. Icon Control Window: Untuk melaksanakan minimize window, full window / windowed mode, dan mengeluarkan program.
- Minimize window untuk menutup aktivitas sementara dengan mengecilkannya ke background dan bisa dibuka kembali untuk melanjutkan.
- full window/windowed mode untuk membuka aktivitas dengan ukuran full layar, dan windowed untuk membuka aktivitas dengan ukuran yang tidak full layar sehingga bisa membukanya bersamaan dengan aktivitas lain di layar yang sama.
- Tombol silang untuk menutup program.
4. Tab Menu.
5. Tell Me: Untuk mencari tools yang diinginkan.
- Fungsi ini bermanfaa sekali ketika kita ingin melaksanakan sesuatu tetapi tidak tahu letak dari perintahnya dimana.
- Misalnya kita ingin mengatur margin tapi tidak tahu letak dan posisinya, jadi kita ketikkan saja "margin" di kolom tersebut dan akan eksklusif muncul pengaturan yang diinginkan.
6. The Ribbon: Berisi sekumpulan tools yang terdapat disetiap Tab Menu.
7. Vertical Ruler: Penggaris vertikal.
8. Horizontal Ruler: Penggaris horisontal.
9. Document Area: Lembar kerja di Microsoft Word dimana kita biasa ngetik.
10. Vertical Scrollbar.
11. Status Bar: Berisi banyaknya halaman, banyaknya kata, dan lainnya.
12. Mode pembacaan dokumen dan pengaturan zoom.
Untuk memahaminya, kawan-kawan sanggup mencoba-coba klik pada bagian-bagian tersebut untuk melihat hasilnya.
3. Teknik Mengetik Cepat menggunakan 10 jari bukan 11 jari
Teknik mengetik menggunakan 10 jari, alasannya 11 jari sudah terlalu mainstream 😂
Untuk melakukannya bahwasanya gampang, apalagi jikalau kawan-kawan sebelumnya sering mengetik di hp yang keyboardnya qwerty, tata letak keyboard komputer niscaya mudah untuk diingat.
Namun hafal tata letak saja tidak cukup. Meskipun tata letak sudah ingat di luar kepala, namun dikala ngetiknya masih menggunakan metode 11 jari, kecepatan mengetik akan lebih lambat dibanding dengan menggunakan metode 10 jari.
Untuk melaksanakan metode 10 jari, tipsnya mudah sekali, kita spesialuntuk perlu metakkan jari telunjuk asisten di tombol "J", jari telunjuk tangan kiri di tombol "F", dan tombol spasi pakai Jempol.
Kita sanggup melihat ilustrasinya:
Saat pertama kali memang kaku, susah menyesuaikannya alasannya sudah terbiasa dengan metode 11 jari. Namun dengan tes terus menerus akan terbiasa.
Proses tidak akan menghianati hasil ya kawan-kawan..
Sekarang ketik goresan pena apa saja sebanyak 4 baris atau beberapa baris.. yang pastinya menggunakan metode 10 jari.. Lalu lanjut...
4. Teknik Mengatur Typografi (Mengatur Ukuran Font, Jenis Font)
Sekarang kita akan mengatur penulisan di Microsoft Word, menyerupai mengatur ukuran font, jenis font, rata baris, dan lain-lain.
Kita sanggup mengatur typografi (tata penulisan) di Microsoft Word pada dikala sebelum memulai mengetik, dan setelah mengetik isi dari suatu dokumen.
Barusan kawan-kawan sudah mengetik beberapa baris, kini blok seluruh goresan pena yang sudah dibuat, dan sambil di praktikkan.
Pengaturan dasar tata penulisan terletak pada Ribbon Tab Menu Home.
Penjelasan perkotak dari kiri ke kanan:
1. Kotak untuk memilih jenis font; Kotak untuk memilih ukuran font / teks; Untuk memperbesar font; Untuk memperkecil font; Mengatur penerapan aksara besar atau kecil pada kalimat / teks; Untuk mengembalikan format penulisan.
2. Untuk mengatur bullet; Untuk mengatur numdibering; Untuk mengatur bullet and numdibering.
3. Untuk mengatur teks semoga menjorok ke luar; Untuk mengatur teks untuk menjorok kedalam;
4. Untuk menebalkan teks; Untuk memiringkan teks; Untuk menambahkan garis bawah pada teks; Untuk mencoret teks; Untuk membuat goresan pena kecil dibagian bawah teks; untuk membuat goresan pena kecil di atas teks (seperti pangkat contohnya); Menambahkan efek pada teks; Menandai teks; Mengatur warna teks.
5. Mengatur goresan pena rata kiri; Mengatur goresan pena rata tengah; Mengatur goresan pena rata kiri; Mengatur goresan pena rata kanan dan kiri.
6. Untuk mengatur spasi.
7. Menambahkan warna background teks.
5. Teknik Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen, caranya:
Klik Tab Menu File > Save, atau dengan menekan CTRL + S pada keyboard.
Klik browse, tentukan letak penyimpanannya dimana.
Masukkan nama filenya dan tentukan jenis filenya.
Ada banyak jenis file yang terdapat dalam sajian ini, diantaranya:
Namun biasanya pilihan yang banyak dipakai adalah:
1. Word Document: untuk menyimpan dengan jenis file Word yang sedang dijalankan. (dapat diedit kembali)
2. Word 97-2003 Document: untuk menyimpan dengan jenis file Word 2003. (dapat diedik kembali)
3. PDF: untuk menyimpan dengan jenis PDF. (tidak sanggup diedit kembali)
6. Teknik Mencetak (Print) Dokumen
Untuk mencetak dokumen Microsoft Word,
Klik Tab Menu File > Print, atau dengan menekan tombol CTRL + P di keyboard, kemudian klik Print.
Nah setelah kita berguru dari atas hingga bab ini, kita sudah bisa untuk mengoperasikan dasar-dasar penerapan Microsoft Word.
Selanjutnya tutorial akan berada pada postingan terpisah.. Berikut diantaranya...
Teknik Print Hitam Putih di Word
Print dengan mode hitam putih sangat memmenolong sekali, salah satunya untuk menghemat pengeluaran dikala ngeprint dokumen di warnet atau kawasan pengetikan.
Baca selengkapnya di: Teknik Print Hitam Putih di Word
Teknik Mengatur Jarak Spasi di Microsoft Word
Agar lebih nyaman ketika membaca dokumen, entah itu pada monitor atau ketika sudah diprint, ada baiknya jikalau spasi antar baris atau paragrafnya diatur.Terkadang jikalau jarak antar barisnya terlalu sempit, goresan pena akan susah untuk dibaca, begitupun juga jikalau jarak antar barisnya terlalu renggang, jadi pilihlah jarak spasi yang pas.
Baca selengkapnya di: Teknik Mengatur Jarak Spasi Antar Baris dan Paragraf di Microsoft Word
Teknik Mengatur Margin di Microsoft Word
Mengatur Margin atau jarak garis tepi pada dokumen Microsoft Word.Biasanya pada dikala membuat suatu tugas, contohnya laporan praktikum, ada ketentuan-ketentuan penulisannya. Salah satunya yaitu jarak marginnya.
Untuk mengetahui bagaimana cara mengatur margin,
Baca Selengkapnya di: Teknik Mengatur Margin di Microsoft Word
Teknik Membuat Tabel
Salah satu kegunaan tabel yaitu mengelompokkan banyak data, dengan menggunakan tabel, data yang ada akan mudah untuk dibaca.Untuk membuat tabel,
Baca selengkapnya di: Teknik Lengkap Membuat Tabel di Microsoft Word
Membuat Ruang Tanda Tangan yang Rapih
Ketika membuat surat atau dokumen yang memerlukan tanda tangan, biasanya kita membuat ruang tanda tangan dengan cara yang agak ribet, yaitu mengetiknya eksklusif dan meluruskannya dengan spasi yang banyak.Nah ada solusinya nih biar kita tinggal ngetik aja tanpa meluruskannya..
Baca selengkapnya di: Membuat Ruang Tanda Tangan yang Rapih di Word
Teknik Agar Tulisan Menjadi Berkolom
Mengatur Penulisan di Microsoft Word sehingga menjadi berkolom-kolom menyerupai koran atau majalah.Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Tulisan Berkolom di Word
Membuat Drop Cap
Menjadikan aksara pertama di paragraf menjadi besar.Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Drop Cap
Teknik Memasukkan Gambar di Microsoft Word
Memasukkan dan mengatur gambar di Microsoft Word.
Terkadang kita agak kesusahan untuk mengatur suatu gambar, ketika gambar digeser, goresan pena menjadi acak-acakan.
Untuk mengaturnya,
Baca selengkapnya di: Teknik Memasukan gambar
Menyisipkan header
Header sangat mempunyai kegunaan sekali ketika membuat suatu dokumen. contohnya kita sanggup memasukkan nomor halaman, kita sanggup menggunakannya untuk kop surat, dan lain-lain.
Untuk mengatur header,
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Menyisipkan footer
Sama menyerupai header, biasanya kegunaan footer yaitu untuk penomoran halaman. Namun kita juga bisa menggunakannya untuk banyak sekali hal lainnya, menyerupai untuk nama penulis, judul dokumen, dan lain-lain.
Untuk mengatur footer,
Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Teknik Membuat Nomor Halaman
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word
Membuat Border / Bingkai di Microsoft Word
Mungkin menyisipkan suatu border di suatu dokumen kini ini jarang digunakan, namun kita sebagai pengguna tidak ada salahnya untuk mengetahuinya.Untuk membuat border pada dokumen,
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Border di Microsoft Word
Membuat Daftar isi Otomatis
Mungkin kita sudah terbiasa membuat daftar isi yang dibentuk secara manual.Nah kali ini kita akan membuat daftar isi yang otomatis, jadi kita spesialuntuk perlu sekali saja untuk menyesuaikannya. Untuk caranya,
Baca selengkapnya di: Membuat Daftar isi Otomatis
Membuat Footnote / Catatan Kaki
Biasanya ketika dalam suatu dokumen terdapat suatu kalimat atau kata yang kurang jelas, maka akan dijelaskan pada footnote. Untuk menciptakannya,Baca selengkapnya di: Will be updated soon
Membuat Daftar Pustaka Otomatis
Ketika dokumen yang kita buat mengandung informasi dari orang lain, maka kita diharuskan untuk men-sitasi-nya dan mencantumkan sumbernya di halaman daftar pustaka.Kini tinggalkan cara usang yang manual. Untuk menciptakannya secara praktis, ada cara otomatisnya, kita spesialuntuk perlu memasukkan data-data sumbernya, dan klik sana klik sini, selesai.
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word
Membuat Watermark di Word
Membuat / menyisipkan watermark pada dokumen Microsoft Word sangat mempunyai kegunaan sekali untuk menjaga identitas dari suatu dokumen yang dibuat.Apalagi yang sering mengembangkan dokumen di internet, dengan menggunakan watermark sumber identitas pemilik inshaAllah tidak akan terhapus.
Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Watermark di Word
Menggunakan Find and Replace
Teknik mencari suatu kata atau kalimat di dalam dokumen Microsoft Word. Namun bukan spesialuntuk mencari saja, kita juga bisa mengubah kata yang dicari tersebut.
Misalnya di dalam suatu dokumen terdapat bab yang typo, menyerupai kata "paralel" yang seharusnya "parallel" sebanyak 40 kali. Nah untuk menggantinya, biasanya kita menggantinya satu persatu, dan dijamin ribet.
Nah dengan kemampuan Find and Replace ini, kata yang sebanyak 40 kali tersebut sanggup diubah dengan sekaligus, dan yang pastinya praktis.
Baca selengkapnya di: Merubah Tulisan yang Sama secara Serentak
Menulis Rumus Matematika di Microsoft Word
Ada kalanya kita didiberi kiprah yang diharuskan untuk menyisipkan rumus ke dalam dokumen Microsoft Word, namun kita tidak tahu bagaimana cara menciptakannya.Ada 2 cara yang bisa kita gunakan, yaitu dengan Microsoft Word itu sendiri dan dengan menggunakan software tambahan.
Baca selengkapnya di: Teknik Menulis Rumus Matematika di Word
Teknik Membuat Label Undangan di Microsoft Word
Di dalam Microsoft Word terdapat tool yang dinakanan mail merge. melaluiataubersamaini tool tersebut, kita sanggup menggunakannya untuk banyak sekali hal, salah satunya untuk membuat label.Baca selengkapnya di: Teknik Membuat Label Undangan di Microsoft Word
melaluiataubersamaini dasar ini, kita sanggup mengembangkannya menjadi hasil yang lain, menyerupai surat seruan yang penerimanya banyak, label untuk buku pelajaran, dan lain-lain.
Mengatur Ukuran Kertas F4
Terkadang pada hal tertentu kita bisa saja harus menggunakan ukuran kertas F4 pada lembar kerja microsoft word, namun akungnya ukuran F4 pada microsoft word tidak tersedia, sehingga harus kita setting dengan manual.
Baca selengkapnya di: Teknik Mengatur Ukuran Kertas F4 di Microsoft Word
Penutup
Masih ada yang kurang dari Panduan Belajar Microsoft Word ini?
Kalau begitu kawan-kawan sanggup melaksanakan request panduannya di kolom komentar.
Teman-kawan juga sanggup bertanya di kolom komentar.
Mungikin sekian dari panduan ini, terimakasih sudah mengunjungi blog aku, dan semoga bermanfaa.
Wassalamu'alaikum wr wb.
Post a Comment for "Panduan Terlengkap Berguru Microsoft Word Bagi Pemula"