Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menciptakan Pivottable Excel Untuk Menciptakan Laporan Dan Analisis Data

Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

Tutorial Pivot Table Excel - Apakah anda pernah mendengar istilah PivotTable? Jika belum maka anda sedang membaca artikel yang tepat. Kalaupun sudah pernah mendengar namun masih kesulitan bagaimana menciptakan pivot table pada microsoft excel maka silahkan baca tutorial excel ini hingga selesai, alasannya ialah pada tutorial kali ini kelas excel akan mengajak anda untuk berguru pivot table dan berlatih membuat dan memakai pivot table pada excel.


Pengertian Pivot Table


Apa pengertian PivotTable di Excel?

Sebelum berguru pivot table excel lebih lanjut, kita perlu tahu dulu maksud istilah pivottable itu sendiri.

Pivot Table ialah sebuah tabel interaktif yang dalam waktu singkat bisa menampilkan ringkasan data dalam jumlah yang besar dalam bentuk dan orientasi yang berbeda serta bisa melaksanakan kalkulasi pada setiap item yang dibutuhkan dengan memakai cara perhitungan sesuai kebutuhan.

Jika anda mempunyai data yang terdiri dari banyak kolom atau field, tentunya dari data tersebut perlu bisa di baca untuk sanggup diartikan atau disimpulkan maknanya.

Namun demikian dengan adanya ratusan, ribuan, atau bahkan ratusan ribu baris data tentunya akan sulit bila anda harus menyimpulkan kecenderungan apa yang terjadi pada data anda, membandingkan antar field atau kolom satu dengan yang lainnya, perulangan data, korelasi perulangan data pada suatu periode, dan lain sebagianya.

Untuk melaksanakan analisa pada data tersebut diharapkan langkah-langkah pengelompokan, pengurutan serta pengolahan data sesuai dengan kebutuhan.

Microsoft Excel bergotong-royong sudah menyediakan fitur sorting (pengurutan data), filtering (penyaringan data) serta subtotal (pengelompokan dan perhitungan data) pada sebuah table, namun kalau anda merasa fitur atau akomodasi tadi masih kurang maka tampaknya anda membutuhkan Pivot Table Excel ini.

Kalau merujuk pada laman wikipedia, pivot table di artikan sebagai berikut :

A pivot table is a table that summarizes data in another table, and is made by applying an operation such as sorting, averaging, or summing to data in the first table, typically including grouping of the data.

Pivot Table ialah sebuah tabel yang merangkum data pada tabel lain yang dilakukan dengan menerapkan operasi tertentu menyerupai sortasi, rata-rata, atau penjumlahan ke data pada tabel pertama, biasanya termasuk pengelompokan data.

Pada microsoft excel PivotTable merupakan salah satu fitur excel yang sangat powerfull untuk meringkas, menganalisa, meng-explore, serta menyajikan data Anda. Penyajian data dengan pivot table relatif sangat cepat untuk dibentuk dengan beberapa kali klik tanpa harus dipusingkan dengan banyak sekali macam rumus excel (Excel Formula). Pivot Table sangat fleksibel dan sanggup dengan cepat disesuaikan, tergantung pada impian dalam menampilkan hasil.

Silahkan perhatikan 2 Tabel data penjualan berikut:

Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

Isi pada kedua tabel tersebut bergotong-royong sama, hanya saja susunan kolomnya yang berbeda. Meskipun datanya sama, saya yakin anda akan mendapat citra yang berbeda dari kedua model laporan penjualan tersebut.

Bagaimana kalau tabel data yang akan kita analisa mempunyai banyak kolom (field) serta ribuan baris (record). Tentunya akan ada lebih banyak sudut pandang yang bisa anda gunakan dalam penyajian tabel data anda.

Pivot Table sanggup diletakkan pada range tertentu atau worksheet lain sesuai pilihan anda tanpa harus mengubah tabel data aslinya. Kalaupun ada perubahan data pada tabel sumber maka dengan gampang pivot tabel sanggup menyesuaikan dengan perubahan sumber data tersebut.

Istilah kolom (Column) pada excel biasa disebut dengan dengan field pada pembahasan pivot table. Kedua istilah ini merujuk pada makna yang mirip/sama, jadi jangan hingga bingung.

Manfaat Menggunakan Pivot Table


Apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dengan penggunaan Pivot Table dalam penyajian data?

Dengan memanfaatkan fitur Pivot Table pada Excel anda akan sanggup dengan gampang melaksanakan hal-hal berikut:
  1. Membuat penyajian data dengan beberapa tampilan yang berbeda dari sumber data yang sama
  2. Memindahkan field pada banyak sekali lokasi yang berbeda
  3. Menentukan field atau kolom mana saja yang akan ditampilkan dalam penyajian laporan atau ringkasan data
  4. Melakukan kalkulasi atau mengumpulkan field-field data numeric dalam beberapa cara (SUM, COUNT, AVERAGE, Dan lain-lain)
  5. Melakukan filter untuk menampilkan nilai-nilai data yang mana saja yang akan ditampilkan
  6. Membuat laporan dalam bentuk lain dari sebuah pivot table yang telah dibuat
  7. Membuat pivot chart dari sebuah pivot table yang telah ada

Tentu saja bukan hanya beberapa hal diatas saja manfaat dari fitur pivot table pada excel ini. Manfaat lebih jauh akan anda temukan ketika sudah terbiasa dan terlatih memakai Pivot Tabel ini.

Lalu bagaimana cara menciptakan pivot tabel pada microsoft excel? bagaimana memakai pivot table di excel?

Persiapan Membuat Pivot Table di Excel


Sebelum berlanjut membahas perihal cara pembuatan pivot tabel di excel, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menciptakan pivot table.
  1. Pastikan tidak ada baris atau kolom yang kosong pada range data yang akan anda buat sebagai sumber data pivot table. Jika ada kolom atau baris kosong silahkan hapus terlebih dahulu. Tutorialnya bisa anda baca disini: Cara Praktis Menghapus Kolom dan Baris Kosong Di Excel
  2. Setiap kolom pada data sumber harus mempunyai nama yang unik (unique header name). Usahakan header atau kepala kolom ini jangan terlalu panjang. Buat sesingkat mungkin asal mewakili jenis data pada baris-barisnya
  3. Hindari penggunaan merge cell pada header tabel sumber data anda.
  4. Tipe data pada setiap kolom harus sama. Misalnya, jangan mencampurkan tipe data tanggal dan teks dalam 1 kolom yang sama.
  5. Sangat di anjurkan menerapkan Format Table pada data sumber, hal ini akan mempermudah anda dalam pembuatan tabel pivot serta melaksanakan updating data kalau memang diperlukan. Pembahasan detail perihal Format Table Excel bisa anda baca pada halaman berikut: Cara Membuat Tabel di Excel
  6. Selain mengatur sumber data sebagai format table anda bisa juga menerapkan "Defined Range" untuk menamai range data tersebut. Dalam hal ini sebaiknya nama range di atur sebagai nama range yang dinamis. Tutorialnya bisa anda baca pada halaman berikut: Cara Membuat Nama Range Dinamis pada Excel

Selain beberapa hal di atas, sebelum menciptakan PivotTable Excel, anda juga perlu merencanakan atau membayangkan menyerupai apa data anda akan diringkas dan ditampilkan.

Secara umum tidak semua kolom-kolom data akan ditampilkan pada pivot table, hanya beberapa saja yang akan dipakai dalam setiap pivot table, tentunya hal ini menyesuaikan kebutuhan anda dalam menampilkan data summary dari sumber data yang anda miliki.

Pivot Table menciptakan cache tersendiri dari data sumber, sehingga dalam hal ini data sumber anda tidak akan diubah sama sekali, meskipun data sumber anda hapus maka tabel pivot yang telah dibentuk tetap akan berjalan normal. Tentu saja dalam masalah semacam ini anda tidak bisa melaksanakan data refresh atau update data.

Latihan Membuat Pivot Table Pada Excel


Hal yang paling penting sebelum menciptakan atau menyusun pivot table pada excel tentunya menyiapkan data sumbernya sebagaimana keterangan sebelumnya.

Dalam contoh langkah-langkah penyusunan latihan pivot table ini saya memakai microsoft excel 2016. Jika anda memakai versi yang lebih usang anda masih bisa menciptakan pivot table namun dimungkinkan ada beberapa bab contohnya soal tampilan yang sedikit berbeda.

File excel yang saya gunakan untuk contoh dan latihan pivot tabel bisa anda dapatkan pada bab simpulan tutorial ini.

Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

Setelah sumber data sudah siap, langkah yang diharapkan untuk menciptakan sebuah pivot table sederhana ialah sebagai berikut:
  1. Klik salah satu sel atau range data yang akan kita buat pivot tabel-nya.
  2. Pilih sajian Pivot Table yang ada di Tab Insert--Table--Pivot Table. Langkah ini bisa anda lakukan dengan memakai shortcut Alt + N.

    Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

    Jika anda memakai Format Table pada data sumber, langkah 2 di atas bisa juga Anda lakukan dengan cara menentukan sajian Summarize With Pivot Table yang ada pada Tab Table Tools--Tools Group.

    Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

    Ketiga langkah diatas (Menggunakan shortcut, sajian Insert PivotTable atau sajian Summarize With Pivot Table Excel) akan menghasilkan kotak obrolan Create PivotTable yang sama.
  3. Apabila langkah anda benar, selanjutnya akan muncul sebuah obrolan box Create PivotTable Dengan nama tabel otomatis sudah terisi. Dalam contoh ini nama tabel sumber yang dipakai ialah "Tabel Sumber".

    Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

    Jika menghendaki range data yang lain anda tinggal menyesuaikannya.

    Selanjutnya tentukan dimana hasil Tabel Pivot akan diletakkan pada opsi Choose where you want the PivotTable report to be placed. Pada sebuah lembar kerja (Worksheet) gres atau pada worksheet yang telah ada.

    Pada latihan pivot table ini saya menentukan New Worksheet yang artinya excel akan menciptakan sebuah Sheet gres sebagai kawasan dimana PivotTable akan diletakkan. Jika anda menentukan Existing Worksheet, tentukan pada cell/range mana PivotTable akan diletakkan.

    Selanjutnya Klik OK Untuk menciptakan pivot table gres dengan pengaturan diatas.
  4. Setelah menentukan OK pada kotak obrolan sebelumnya, akan muncul sheet gres yang berisi Bidang PivotTable kosong pada workbook anda. Selain itu pada bab sebelah kanan akan muncul PivotTable Fields.

    Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

    Bidang PivotTable kosong di sebelah kiri ialah kawasan dimana PivotTable akan ditampilkan, sedangkan PivotTable Fields ialah pengaturan field-field data PivotTable apa sajakah yang akan ditempakan pada bab Row, Column, Value atau Filter.
  5. Langkah Selanjutnya ialah melaksanakan Drag and Drop atau dengan cara menentukan pada bab PivotTable Fields untuk menentukan filed-field mana yang akan kita letakkan pada bagian-bagian PivotTable (Row, Column, Value dan Filter).

    Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

    Keterangan:
    • FILTERS: Area ini diisi dengan field yang akan kita jadikan sebagai contoh filter yang akan menyaring data pada tabel pivot yang akan kita buat.
    • COLUMNS:Area ini berisi field dan akan disusun secara mendatar (horizontal) yang pada umumnya bisa dianggap sebagai header dari nilai-nilai yang ditampilkan pada PivotTable.
    • ROWS: Area ini berisi field yang akan ditampilkan secara menurun (vertikal) secara urut di sebelah kiri area PivotTable.
    • VALUE: Bidang ini berisi fields yang menentukan data mana saja yang akan disajikan di area tabel pivot sesuai kebutuhan. Biasanya berupa angka-angka.

    Pada latihan ini saya atur pada bab Rows ialah Field BARANG dan KUARTAL, pada bab Columns ialah field TAHUN, Pada bab Values ialah Field JUMLAH dan terakhir pada bab Filters saya isi dengan Field SUPLIER.

    Bagian terakhir atau Filters bersifat opsional, kalau memang tidak dibutuhkan tidak duduk kasus dikosongkan. Sedangkan tiga bab pertama pada umumnya harus diisi.
  6. Jika langkah-langkah yang anda lakukan persis menyerupai di atas maka tampilan PivotTable yang akan anda dapatkan kurang lebih akan menyerupai gambar berikut ini:

    Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

Jika anda memakai microsoft excel 2013 atau yang lebih baru, selain cara di atas, langkah ke-2 bisa juga digantikan dengan memakai sajian Recommended PivotTables.

Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

Apabila memakai sajian ini maka excel akan mencoba mengenali dan menganalisa kebutuhan layout PivotTable yang anda butuhkan. Silahkan dipilih beberapa layout yang disediakan dan selanjutnya Anda hanya perlu klik OK.

Saat memakai cara ini maka excel akan otomatis menempatkan beberapa field pada bagian-bagian yang ditentukan sesuai dengan rekomendasi yang anda pilih.

Jika anda memakai Excel 2010 atau versi sebelumnya anda tidak akan menemukan Tab Analyze, alasannya ialah pada versi ini excel masih menamai Tab ini dengan Options

Cara Melakukan Update Data Pivot Table Excel


Sudah lazim kita ketahui bahwa sebuah tabel data bisa berubah setiap ketika sesuai kebutuhan. Perubahan ini bisa jadi dikarenakan penambahan data, pengurangan data atau hanya sekedar editing atau pembenahan pada sebuah tabel data.

Jika data ini kita jadikan sebagai data sumber PivotTable bagaimana cara melaksanakan update PivotTable yang kita buat dari data ini?

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, sangat disarankan menerapkan format table pada sumber data pivot anda. Salah satu kelebihannya ialah untuk mempermudah melaksanakan update data kalau sumber data yang anda gunakan untuk tabel pivot merupakan sebuah data yang dinamis atau berubah setiap saat.

Apabila data sumber pivot yang anda gunakan merupakan sebuah Format Table atau Nama Range yang dinamis maka untuk melaksanakan update data cukup dengan mengguanakn sajian Refresh yang bisa anda temukan di Pivot Table Tools--Tab Analyze--Data Group--Refresh.

Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

Cara lain, kalau data sumber anda merupakan sebuah range statis maka untuk melaksanakan update PivotTable ialah dengan menyesuaikan kembali range sumber pada pivot table yang bisa anda lakukan dengan menentukan sajian Pivot Table Tools--Tab Analyze--Data Group--Change Data Source. Selanjutnya Anda hanya perlu menentukan atau menuliskan range data gres yang akan anda jadikan sebagai suber data pivot.

Cara Membuat dan Menggunakan Pivot Table Excel Cara Membuat PivotTable Excel Untuk Membuat Laporan Dan Analisis Data

Pada dasarnya langkah-langkah diatas sudah cukup untuk menciptakan sebuah Pivot Table, namun tentunya PivotTable yang telah kita buat tadi perlu di desain dan di format lebih lanjut biar tampilannya lebih yummy dan gampang untuk dilihat dan dibaca. Bagian ini akan kita bahas lain kali. Untuk sesi pengenalan latihan PivotTable ini saya cukupkan hingga disini dulu. Sampai jumpa pada seri tutorial PivotTable selanjutnya.

Download File Latihan


File latihan PivotTable yang dipakai dalam tutorial ini bisa anda unduh melalui link di bawah ini :

Dropbox
GDrive

*Jika link mati / tidak sanggup diakses silahkan lapor via kontak yang tersedia

LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk membuka kunci!


Jika tutorial ini bermanfaat silahkan share kepada teman-teman anda melalui media umum yang anda gunakan, biar keuntungannya bisa dirasakan oleh lebih banyak orang.

Post a Comment for "Cara Menciptakan Pivottable Excel Untuk Menciptakan Laporan Dan Analisis Data"