Rumus Choose, Pola Dan Cara Memakai Fungsi Choose Pada Rumus Excel
Pada seri tutorial Ms. Excel kali ini akan dibahas ihwal cara memakai Fungsi CHOOSE pada excel, serta teladan penggunaan Rumus CHOOSE pada excel.
Pada microsoft excel, fungsi CHOOSE termasuk dalam kategori lookup & Refference. Fungsi choose dipakai untuk menentukan salah satu nilai dari sekumpulan argument nilai yang diberikan menurut nomor indeks atau urutan tertentu.
Sekilas fungsi ini memang seolah-olah dengan fungsi INDEX pada excel, yakni sama-sama menghasilkan nilai menurut isu index number tertentu. Hanya saja, index number pada fungsi index merupakan isu nomor kolom dan atau baris, sedangkan pada fungsi choose index number merupakan nomor urut dari list argument nilai atau range yang diberikan.
Untuk lebih jelasnya mari kita lanjut ke cara penulisan fungsi choose serta teladan penggunaan fungsi choose pada microsoft excel.
Cara Menggunakan Fungsi CHOOSE Excel
Cara penulisan fungsi choose pada excel ialah sebagai berikut:
CHOOSE(IndexNumber; Nilai1; [Nilai2]; ...)
Keterangan:
- IndexNumber: Argument IndexNumber ini wajib diisi, yakni berupa angka, rumus, atau acuan sel yang berinilai angka antara 1-154
- Nilai1; [Nilai2]; ...: Argument ini sanggup berupa angka, referensi sel, nama terdefinisi, rumus excel, fungsi, atau teks.
Setidaknya harus ada 1 nilai pada argument ini. Argument-argument inilah yang nantinya akan dipilih dan dihukum menurut isu IndexNumber.
Contoh Rumus CHOOSE Excel
Untuk lebih memahami bagaimana cara memakai fungsi Choose Excel, silahkan pelajari beberapa teladan soal fungsi choose excel berikut.
Contoh Rumus Choose 1
=CHOOSE(3;"Nilai 1";"Nilai 2";"Nilai 3";"Nilai 4")
Rumus diatas menghasilkan nomor index 3 dari urutan argument nilai: "Nilai 1";"Nilai 2";"Nilai 3";"Nilai 4". Hasilnya ialah : Nilai 3. Teks "Nilai 3" berada pada posisi nomor urut 3 dari nilai-nilai argument yang diberikan.
Contoh Rumus Choose 2
=SUM(CHOOSE(2;A2:A6;B2:B6;C2:C6))
Rumus diatas akan menjumlahkan range B2:B6. Hasilnya ialah : 90
Contoh Rumus Choose 3
=SUM(A1:CHOOSE(3;A6;B6;C6))
Rumus diatas akan menjalankan fungsi SUM atau penjumlahan untuk range A1:C6. Hasilnya adalah: 260.
Catatan Dalam Menggunakan Fungsi CHOOSE Pada Excel
Dalam memakai fungsi atau rumus Choose excel, beberapa hal berikut harus anda perhatikan:
- Jika IndexNumber bernilai nol(0), negatif atau lebih besar dari jumlah Index nilai maka akan menghasilkan pesan Error atau kesalahan #VALUE!
Pada teladan rumus choose diatas angka index maksimal yang seharusnya ialah 2, alasannya ialah hanya di nilai argument yang diberikan. Ketika argument index number bernilai 3 maka akan menghasilkan pesan kesalahan #VALUE!.
Penjelasan lebih lanjut ihwal pesan kesalahan/error pada excel sanggup anda baca pada artikel: Mengenal 7 Jenis / Tipe Pesan Error pada Rumus Excel - Jika IndexNumber bernilai penggalan maka akan dibulatkan ke bawah mendekati nilai lingkaran terdekat.
Nilai pecahan 2,6 pada rumus choose diatas dianggap menjadi bilangan lingkaran 2. sehingga fungsi SUM hanya mengevaluasi range B2:B6 yang kesudahannya ialah 90. - Jika IndexNumber berupa Array, maka setiap nilai pada array tersebut akan dievaluasi dengan fungsi CHOOSE.
Pada Kasus teladan fungsi CHOOSE diatas index number berupa array: {2\3}. dalam perkara diatas setiap index number akan dievaluasi sehingga fungsi SUM akan menjumlahkan range B2:B6 dan C2:C6, kesudahannya 190.
Demikian sedikit yang sanggup aku bagikan ihwal cara memakai fungsi CHOOSE Excel ini. biar bermanfaat.
Post a Comment for "Rumus Choose, Pola Dan Cara Memakai Fungsi Choose Pada Rumus Excel"