Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Rumus Excel Untuk Menciptakan Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Rumus Nomor Urut Otomatis - Sebelumnya saya sudah membahas wacana 4 cara menciptakan nomor urut otomatis pada excel. Artikel tutorial excel kali ini merupakan kelanjutan dari artikel tersebut. Sebelum mempelajari lebih lanjut tutorial ini, disarankan anda untuk membaca artikel tersebut.

Jika anda membutuhkan rumus excel untuk menciptakan nomor urut, tentunya anda punya sedikit masalah dengan pembuatan nomor urut pada excel, pada umumnya sebab ingin menciptakan penomoran excel menurut kriteria-kriteria tertentu.

Jika hanya sekedar menciptakan nomor urut saja sanggup kita lakukan dengan relatif gampang sebagaimana saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Baik dengan menulis secara manual, menggunakan fungsi autofill maupun dengan memanfaatkan fitur sajian FILL yang sudah disediakan oleh Microsoft exel.

Nah kali ini saya akan jelaskan beberapa teknik penggunaan rumus-rumus excel untuk menciptakan nomor urut sesuai dengan kondisi atau syarat tertentu.

Barangkali salah satunya ialah yang anda butuhkan, mengingat kebutuhan penomoran dengan rumus excel akan sangat bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing. Apabila rumus penomoran yang anda butuhkan tidak ada, jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar. Siapa tahu saya sanggup membantu memecahkan permasalahan anda.


**File contoh pembahasan sanggup anda download pada cuilan final pembahasan.

Membuat Nomor Urut Otomatis Berdasarkan Isi Kolom Lain Dengan Fungsi IF Dan Fungsi ROW Excel


Kriteria pertama ialah bahwa nomor urut hanya tampil jikalau kolom tertentu yang satu baris dengan sel penomoran ada isinya. Untuk masalah yang ibarat ini kita membutuhkan fungsi IF Excel.

Perhatikan dan silahkan pribadi dicoba pada lembar kerja excel anda ibarat nampak pada gambar berikut:

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Dari gambar diatas kita ingin jikalau kolom NAMA ada isinya maka kolom NO urut akan otomatis terisi.

Untuk mengatasi hal tersebut tuliskan rumus excel dibawah ini pada sel A2, kemudian tarik atau copy paste ke bawah hingga sel tertentu yang anda inginkan contohnya dalam contoh ini hingga sel A11.

=IF(B2="";"";ROW()-1)

Dari rumus diatas nomor urut akan muncul jikalau kolom nama pada sel B2 dan seterusnya kebawah hingga B11 akan terisi jikalau kolom nama tersebut tidak kosong/empty ("").

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Penomoran dengan rumus tersebut memakai fungsi ROW yang digunakan untuk mengetahui posisi baris. Karena baris pertama penomoran ada pada posisi baris ke-2 maka saya kurangi 1 (satu) biar nomor pertama tersebut tertulis 1 (satu) sehingga sesuai dengan urutan yg semestinya.

Jika nomor pertama tidak pada baris kedua maka sesuaikan kodisi kolom yang di periksa (B2) dan pengurangan fungsi ROW()-1 apda rumus tersebut. misal jikalau nomor pertama ada pada baris ke-10 maka rumusnya sesuaikan menjadi:

=IF(B10="";"";ROW()-9)

Seperti yang terlihat, dengan memakai rumus excel diatas masih muncul sedikit masalah. yakni nomor urutnya masih statis menyesuaikan nomor barisnya sehingga jikalau ada sel kosong pada kolom nama dibagian tengah maka nomor urutnya tidak lagi menjadi urut. Perhatikan lagi gambar diatas untuk lebih jelasnya.

Lah, nomor urut kog tidak urut? @#$%^&

Jika anda menghendaki nomor baris yang dinamis maka gunakan rumus penomoran excel selanjutnya.

Membuat Nomor Urut Otomatis Berdasarkan Isi Kolom Lain Dengan Fungsi IF Dan COUNTA Excel


Kondisi kedua masih ibarat pada kriteria pertama, yakni nomor baris hanya dimunculkan jikalau kolom tertentu ada isinya. namun penomorannya menyesuikan jumlah isi dari kolom yang diperiksa. Sehingga nomor urutnya tidak lompat-lompat jikalau ada sel pada kolom nama yang kosong.

Untuk jenis penomoran dengan syarat ibarat hal tersebut masukkan rumus excel berikut pada sel A2 kemudian copy paste atau tarik kebawah hingga sel tertentu yang anda inginkan.

Pada contoh ini rumus ini saya copy paste hingga sel A11.

=IF(B2="";"";COUNTA($B$2:B2))

Dari rumus diatas yang perlu anda perhatikan ialah penggunaan tanda $. Pada masalah ini kita memakai referensi sel semi absolut.

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Dengan memakai rumus diatas maka jikalau sel-sel pada kolom nama ada yang kosong atau anda hapus maka penomorannya akan menyesuaikan secara otomatis.

Jika anda merasa perlu untuk mendalami fungsi COUNTA silahkan baca pembahasan fungsi tersebut pada artikel sebelumnya.

Rumus excel di atas tidak akan berlaku jikalau kolom B pada tabel tersebut dihasilkan dari sebuah rumus excel lain. Jika kolom B berisi sebuah rumus excel maka gunakan rumus berikut pada kolom A

=IF(B2="";"";COUNTIF($B$2:B2;"?*"))

Pada rumus ini kita memakai Rumus Countif untuk mendeteksi adanya 1 aksara atau lebih pada kolom B.

Rumus Membuat Nomor Berulang Maksimal 5 (Lima)


Pada kasus-kasus penomoran excel tertentu terkadang kita membutuhkan nomor urut berulang. Mislanya anda menginginkan nomor urut hanya 1-5 saja dan berulang hingga beberapa kali.

Untuk masalah penomoran semacam ini gunakan rumus excel berikut:

=MOD(ROW()-2;5)+1

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Pada rumus excel tersebut sesuaikan angka -2 dengan posisi baris pertama penomoran. Jika menghendaki perulangan 10 maka ganti angka 5 menjadi 10.

Misal jikalau penomoran pertama ada pada sel A10 dan anda mengehendaki perulangan 10 maka sesuaikan rumus menjadi ibarat ini:

=MOD(ROW()-10;10)+1

Praktis bukan?

Untuk menciptakan nomor berulang 1,1,1,2,2,2,3,3,3, dst. sanggup anda pelajari pada laman ini : Cara Membuat Nomor Seri Berulang Dengan Rumus Excel

Rumus Membuat Nomor Urut Berulang Jika Kolom Acuan Berbeda


Kasus penomoran lain yang sering diperlukan ialah nomor urut akan berulang dari nomor 1 jikalau data pada sel pola berbeda dari data sebelumnya. jikalau sama maka akan melanjutkan nomor urut yang ada.

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Untuk masalah ibarat diatas rumus penomoran excel yang digunakan ialah ibarat berikut:

=IF(B2=B1;A1+1;1)

Tulis rumus excel diatas pada sel A2, kemudian kopi paste ke bawah sesuai yang dibutuhkan.

Jika diperhatikan pada baris ke-10 penomoran ternyata berulang juga meskipun data buah mangga sebelumnya sudah ada. Jika anda ingin penomoran untuk data yang sama melanjutkan penomoran yang sudah ada gunakan cara penomoran excel berikutnya.

Rumus Membuat Nomor Urut Berlanjut Untuk Masing-masing Data Acuan


Jika anda menghendaki penomoran berbeda untuk masing-masing data dan terus berlanjut jikalau data tersebut muncul lagi maka anda sanggup memanfaatkan fungsi Countif untuk masalah penomoran excel semacam ini.

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Untuk data diatas, pada sel A2 tuliskan rumus excel berikut

=COUNTIF($B$2:B2;B2)

Selain dengan fungsi Countif, penomoran model sanggup juga anda buat dengan fungsi Sumproduct berikut:

=SUMPRODUCT(--($B$2:B2=B2))

Perhatikan bahwa pada rumus diatas memakai referensi sel semi absolut ibarat penomroan pada cuilan B yang memakai fungsi COUNTA.

Rumus Membuat Nomor Urut Gabungan Dengan Teks


Untuk keperluan tertentu terkadang kita menghendaki nomor urut gabungan. Yakni perpaduan antara teks dan nomor urut. Biasanya tujuannya bahwasanya bukan untuk nomor urut meliankan sebagai isyarat unik tertentu untuk membedakan antar record data.

Cara menciptakan nomor urut adonan teks ini bahwasanya sangat gampang yang anda butuhkan hanya operator teks &. Dalam contoh ini saya ingin nomor urut ialah adonan antara teks "ABCD" dan nomor urut. Maka rumus excel yang digunakan adalah.

="ABCD"&ROW()-1

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Sekali lagi sebab menggunakan fungsi ROW maka ROW()-1 pada rumus tersebut harus anda sesuaikan dengan letak atau posisi pertama penomoran.

Jika menghendaki kondisi yang lain misal ibarat kondisi pertama maka sesuaikan saja ibarat rumus berikut:

=IF(B2="";"";"ABCD"&ROW()-1)

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Jika ibarat kondisi B maka sesuaikan ibarat berikut.

=IF(B2="";"";"ABCD"&COUNTA($B$2:B2))

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Rumus Excel 6 Rumus Excel Untuk Membuat Nomor Urut/ Penomoran Otomatis

Untuk penggabungan teks sendiri sudah ada 2 pembahasan yang sanggup Anda pelajari pada halaman berikut:
  1. 3 Cara Menggabungkan Teks Pada Excel
  2. Cara Menggabungkan Teks Dengan Angka, Tanggal dan Waktu Terformat

Nah saya kira 6 rumus excel untuk menciptakan nomor urut otomatis ini sudah mencukupi.

Untuk pembahasan masing-masing fungsi excel yang saya gunakan untuk menyusun rumus excel pada artikel ini sudah saya bahas detailnya pada artikel-artikel mencar ilmu excel sebelumnya.

Untuk file contoh untuk pembahasan kali ini tersedia pada link di bawah ini :

Dropbox
GDrive

*Jika link mati / tidak sanggup diakses silahkan lapor via kontak yang tersedia

LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk membuka kunci!


Semoga bermanfaat.

Jangan lupa Subscribe atau berlangganan via email atau join via sosial media kami untuk update artikel-artikel mencar ilmu excel yang lain.

Post a Comment for "6 Rumus Excel Untuk Menciptakan Nomor Urut/ Penomoran Otomatis"