Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Index Excel, Pola Dan Cara Memakai Fungsi Index Di Excel

 pada Excel dipakai untuk mendapat nilai atau tumpuan ke sebuah nilai pada sebuah t Rumus INDEX Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel


Di dalam Microsoft Excel, Fungsi INDEX termasuk dalam kategori Lookup and Reference atau fungsi pencarian dan referensi. Kategori ini sama dengan Fungsi Lookup, Hlookup dan Vlookup yang sudah kita bahas sebelumnya.


Pengertian Fungsi INDEX Excel


Fungsi INDEX pada Excel dipakai untuk mendapat nilai atau tumpuan ke sebuah nilai pada sebuah tabel atau rentang.

Dengan kata lain untuk mendapat nilai dari suatu sel menurut pencarian pada table/range data pada worksheet kita. Pencarian dengan fungsi INDEX pada rumus excel ini menurut gosip posisi kolom dan baris, dengan pola berupa kolom dan baris pertama table/range data tertentu.

Jika disederhanakan lagi fungsi INDEX dipakai untuk mendapat nilai suatu sel menurut nilai kolom dan baris tertentu.

Cara Menggunakan Fungsi INDEX Excel


Fungsi INDEX mempunyai dua jenis sintaksis atau cara penggunaaan sebagai berikut:

Sintaksis fungsi INDEX 1


INDEX(array; Nomor_Baris; [Nomor_Kolom])

Argumen dari sintaks pertama fungsi INDEX ini adalah:
  • Array: Diperlukan. Sebuah range data atau konstanta array.
    1. Jika array hanya berisi satu baris atau kolom, maka argumen Nomor_Baris atau Nomor_Kolom terkait opsional.
    2. Jika array mempunyai lebih dari satu baris dan lebih dari satu kolom, dan hanya Nomor_Baris atau Nomor_Kolom saja yang digunakan, maka INDEX mengembalikan barisan seluruh baris atau kolom dalam array.
  • Nomor_Baris: Diperlukan. Memilih baris di dalam array yang mengembalikan nilai. Jika Nomor_Baris dikosongkan, maka Nomor_Kolom diperlukan.
  • Nomor_Kolom: Opsional. Memilih kolom di dalam array yang mengembalikan nilai. Jika Nomor_Kolom dikosongkan, maka Nomor_Baris diperlukan.

Catatan:
  • Jika argumen Nomor_Baris dan Nomor_Kolom digunakan, maka INDEX mengembalikan nilai di dalam sel di irisan Nomor_Baris dan Nomor_Kolom.
  • Jika Anda menentukan Nomor_Baris atau Nomor_Kolom sebagai 0 (nol), maka INDEX mengembalikan barisan nilai untuk masing-masing kolom atau baris secara keseluruhan.
  • Untuk memakai nilai-nilai yang dikembalikan sebagai array, masukkan fungsi INDEX sebagai rumus array di dalam rentang sel horizontal untuk baris, dan di dalam rentang sel vertikal untuk kolom. Untuk memasukkan rumus array, tekan tombol Ctrl + Shift + Enter.
  • Nomor_Baris dan Nomor_Kolom harus merujuk ke sebuah sel di dalam array. Jika tidak, INDEX mengembalikan nilai kesalahan #REF!

Sintaksis fungsi INDEX 2


INDEX(reference; Nomor_Baris; [Nomor_Kolom]; [Nomor_Area])

Argumen dari sintaks ke-2 fungsi INDEX ini ialah :
  • Reference: Diperlukan. Referensi ke satu atau lebih rentang sel.
    1. Jika Anda memasukkan rentang yang tidak berdekatan untuk referensi, maka sertakan tumpuan di dalam kurung.
    2. Jika setiap area di dalam tumpuan hanya berisi satu baris atau kolom, maka argumen Nomor_Baris atau Nomor_Kolom, secara berurutan, opsional. Misalnya, untuk tumpuan baris tunggal, gunakan INDEX(reference,,Nomor_Kolom).
  • Nomor_Baris: Diperlukan. Nomor baris di dalam tumpuan yang mengembalikan nilai.
  • Nomor_Kolom: Opsional. Nomor baris di dalam tumpuan yang mengembalikan nilai.
  • Nomor_Area: Opsional. Memilih rentang di dalam tumpuan yang mengembalikan irisan Nomor_Baris dan Nomor_Kolom. Area pertama yang dipilih atau dimasukkan diberi nomor 1, yang kedua 2, dan seterusnya. Jika Nomor_Area dikosongkan, maka INDEX memakai area 1.

Catatan :
  • Setelah Referensi dan Nomor_Area menentukan rentang tertentu, Nomor_Baris dan Nomor_Kolom menentukan sel tertentu: Nomor_Baris 1 ialah baris pertama di dalam rentang, Nomor_Kolom 1 ialah kolom pertama, dan seterusnya.

    Referensi yang dikembalikan oleh INDEX ialah irisan Nomor_Baris dan Nomor_Kolom.
  • Jika Anda menentukan Nomor_Baris atau Nomor_Kolom sebagai 0 (nol), maka INDEX mengembalikan tumpuan untuk masing-masing kolom atau baris secara keseluruhan.
  • Nomor_Baris, Nomor_Kolom dan Nomor_Area harus menunjuk ke sebuah sel di dalam referensi; jikalau tidak, maka INDEX mengembalikan nilai kesalahan #REF! Jika Nomor_Baris dan Nomor_Kolom dikosongkan, maka INDEX mengembalikan area di dalam tumpuan yang ditentukan oleh Nomor_Area.
  • Hasil fungsi INDEX ialah tumpuan dan diterjemahkan menyerupai itu oleh rumus lain. Tergantung rumusnya, nilai yang dikembalikan INDEX sanggup dipakai baik sebagai tumpuan atau sebagai nilai.

    Misalnya, rumus CELL("width",INDEX(A1:B2,1,2)) sama dengan CELL("width",B1). Fungsi CELL dipakai untuk mengembalikan nilai INDEX sebagai tumpuan sel. Sebaliknya, rumus menyerupai 2*INDEX(A1:B2,1,2) menerjemahkan nilai yang dikembalikan INDEX menjadi nomor di sel B1.

Contoh Rumus INDEX Excel


Untuk contoh-contoh penerapan fungsi INDEX Excel sederhana perhatikan gambar dibawah ini.

Contoh Untuk Sintaksis Pertama


 pada Excel dipakai untuk mendapat nilai atau tumpuan ke sebuah nilai pada sebuah t Rumus INDEX Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel

Contoh Untuk Sintaksis Kedua


 pada Excel dipakai untuk mendapat nilai atau tumpuan ke sebuah nilai pada sebuah t Rumus INDEX Excel, Contoh dan Cara Menggunakan Fungsi Index di Excel

Download File Contoh Rumus INDEX Excel


Untuk lebih memahami bagaimana cara memakai rumus Index ini, silahkan download file contoh fungsi INDEX di bawah ini.

Dropbox
GDrive

*Jika link mati / tidak sanggup diakses silahkan lapor via kontak yang tersedia

LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk membuka kunci!


Penerapan fungsi INDEX pada rumus excel seringkali digabungkan dengan fungsi atau rumus match. Untuk tutorialnya sanggup anda pelajari pada laman berikut: Rumus Excel Index-Match, Alternatif Pengganti VLOOKUP

Untuk lebih memahami bagaimana fungsi INDEX excel ini dipakai silahkan kembangkan kreatifitas anda utnuk diterapkan dalam rumus-rumus excel. Jika ada persoalan silahkan tinggalkan komentar dibagian bawah postingan ini. biar bermanfaat.

Post a Comment for "Rumus Index Excel, Pola Dan Cara Memakai Fungsi Index Di Excel"