Rumus Not Excel, Pola Dan Cara Memakai Fungsi Not Pada Excel
Pengertian Fungsi NOT Excel
Pada microsoft excel Fungsi NOT dipakai untuk membalikkan nilai argument. Jika logika yang diuji menghasilkan nilai FALSE, maka rumus NOT akan menghasilkan nilai TRUE dan bila logika yang diuji menghasilkan nilai TRUE, maka rumus NOT menghasilkan nilai logika FALSE.
Jika sebelumnya anda sudah mempelajari ihwal penggunaan fungsi AND dan fungsi OR, maka memahami cara memakai fungsi NOT pada sebuah rumus excel ini akan melengkapi kedua fungsi tersebut.
Fungsi AND akan menghasilkan nilai true bila semua argument bernilai benar. Fungsi OR akan menghasilkan nilai true bila salah satu argument bernilai true/benar. Sedangkan Fungsi NOT berfungsi mengubah nilai TRUE menjadi FALSE dan FALSE menjadi TRUE.
Cara Menggunakan Fungsi NOT Excel
Berikut cara memakai fungsi NOT excel:
NOT(logical)
Argumen Logical pada fungsi NOT Excel di atas ialah Nilai atau mulut logika yang dapat dievaluasi menjadi nilai TRUE atau FALSE.
Contoh Rumus NOT Excel
Perhatikan rujukan berikut dalam memakai fungsi NOT ke dalam rumus excel
KETERANGAN :
- Kebalikan dari TRUE ialah FALSE
- Kebalikan dari FALSE ialah TRUE
- Nilai logika 1=2 ialah FALSE, NOT membalikkan nilai FALSE menjadi TRUE
- Nilai logika 2-1=1 ialah TRUE, NOT membalikkan nilai TRUE menjadi FALSE. Karena nilai yang diuji FALSE makan Fungsi IF menghasilkan "SALAH"
Setelah berguru memahami cara memakai fungsi NOT dalam rumus excel ini, silahkan membaca juga ihwal perbedaan Fungsi OR dan fungsi AND.
Post a Comment for "Rumus Not Excel, Pola Dan Cara Memakai Fungsi Not Pada Excel"