Fungsi Database (Dsum, Daverage, Dmax, Dmin, Dcount, Dan Dcounta) Pada Excel
Fungsi/Rumus Database Excel - Meskipun fungsi utama office excel bukanlah untuk pengelolaan database, namun bukan berarti excel tidak sanggup dipakai untuk keperluan tersebut. Terlebih excel sendiri secara default sudah menyediakan beberapa fungsi database khusus yang sanggup dipergunakan untuk pengelolaan sebuah database.
Database sendiri sanggup diartikan sebagai sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau hukum tertentu yang saling berelasi/terkait sehingga memudahkan pengguna untuk mengelola dan mendapat informasi yang diperlukan.
Pada Office Excel database merupakan:
sekelompok data pada range data atau rentang sel tertentu yang saling terkait serta telah disusun sedemikian rupa dimana baris pertama berisi Label untuk masing-masing kolom yang disebut sebagai Field (Bidang Data) dan baris-baris berikutnya biasa disebut sebagai Record (Rekaman data).
Membaca istilah field tentunya sudah tidak absurd lagi apabila sebelumnya anda sudah membaca tutorial excel kami wacana Pivot Table.
Setidaknya ada 12 fungsi yang dikategorikan sebagai Fungsi Database Excel atau sering juga disebut sebagai Fungsi D, fungsi-fungsi excel tersebut antara lain:
- Fungsi DSUM
- Fungsi DAVERAGE
- Fungsi DMAX
- Fungsi DMIN
- Fungsi DCOUNT
- Fungsi DCOUNTA
- Fungsi DGET
- Fungsi DPRODUCT
- Fungsi DSTDEV
- Fungsi DSTDEVP
- Fungsi DVAR
- Fungsi DVARP
Pada tutorial excel kali ini anda akan kami ajak untuk berguru 6 fungsi Database. Sebagian lainnya akan kita pelejari lain waktu. Fungsi-fungsi excel dimaksud ialah Fungsi DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan fungsi DCOUNTA.
Cara Menggunakan Fungsi Database Excel
Secara umum cara memakai fungsi database excel ini sama yakni memakai sintaksis berikut:
NAMA_FUNGSI(Database; Field; Kriteria)
Yang membedakan hanyalah nama fungsi yang akan dipakai untuk mendapat hasil tertentu sesuai dengan fungsinya. Kegunaan masing-masing fungsi excel ini akan dijelaskan lebih lanjut pada pecahan selanjutnya.
Keterangan Syntax Fungsi Database
Seperti yang sanggup anda baca pada cara penggunaan di atas, fungsi Database memakai 3 argumen: Database, Field dan Kriteria.
- Database: Merupakan range data atau rentang sel yang membentuk sebuah daftar atau database tertentu yang akan kita agregasi hasilnya.
- Field: Menunjukkan Field atau kolom mana yang akan di agregasi atau dipakai oleh fungsi database ini. Argumen ini sanggup kita isi dengan Label atau nama field, sanggup juga anda isi dengan angka tertentu yang mengatakan nomor urut posisi field tersebut pada kolom-kolom database dari arah kiri. Misal angka 1 mengatakan kolom atau field pertama dan angka 2 mengatakan field atau kolom kedua dalam Database.
- Kriteria: Adalah rentang sel atau range data lain yang berisi kriteria atau syarat tertentu yang Anda tentukan sebagai teladan agregasi dalam fungsi database. Kriteria ini setidaknya memuat 2 baris data dimana baris pertama berisi Label data yang sama persis dengan Label field pada database dan baris-baris berikutnya merupakan teladan kriteria, syarat atau kondisi tertentu yang akan kita terapkan.
Untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan untuk membahas contoh dan cara memakai masing-masing fungsi Database excel yang sudah aku sebutkan sebelumnya.
Namun sebelum itu perhatikan bahwa dalam pembahasan di bawah ini kami memakai sumber database sebagai berikut. Untuk itu sebaiknya anda juga ikut menciptakan sample file ibarat dibawah ini:
Fungsi DSUM Excel
Fungsi atau Rumus DSUM dipakai untuk mendapat jumlah data pada sebuah field database yang memenuhi kriteria tertentu. Secara umum fungsi DSUM kegunaanya identik dengan fungsi SUMIF atau fungsi SUMIFS yang sudah pernah kita bahas sebelumnya dan sedikit berbeda dengan fungsi SUM yang dipakai untuk menghitung total penjumlahan tanpa kriteria.
Bagaimana cara memakai fungsi DSUM excel ini? Perhatikan dan praktekkan contoh rumus DSUM berikut ini.
Cara Menggunakan Fungsi DSUM
Perhatikan contoh database pegawai di atas. Database pegawai tersebut memuat beberapa field, yakni ID, Nama, Kelamin, Tanggal Lahir, Umur dan Gaji yang disusun pada range B2:G10.
Dari susunan database di atas, berapakah jumlah total honor pegawai yang berumur lebih dari 30 tahun?
Untuk mendapat jumlah honor pada database tersebut buatlah terlebih dahulu sebuah range kriteria yang memuat Label "UMUR" dan kriteria/syarat yang akan diterapkan. Pada contoh rumus Dsum ini kriteria diletakkan pada range I2:I3.
Adapun Rumus DSUM yang dipakai untuk mendapat hasil sesuai kriteria diatas ialah sebagai berikut:
=DSUM(B2:G10;"GAJI";I2:I3)
Fungsi DAVERAGE Excel
Fungsi atau Rumus DAVERAGE dipakai untuk menghitung nilai rata-rata pada sebuah field database yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu. Rumus DAVERAGE dalam kelompok fungsi statistika ibarat dengan fungsi AVERAGEIF atau fungsi AVERGAEIFS yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya.
Cara Menggunakan Fungsi DAVERAGE
Dengan sumber database yang sama apabila anda menghendaki rata-rata honor untuk pegawai pria (L) saja maka Rumus DAVERAGE yang dipakai ialah ibarat di bawah ini:
=DAVERAGE(B2:G10;"GAJI";I2:I3)
Pada contoh rumus DAverage diatas I2:I3 mengatakan range kriteria yang mana pada Sel I2 berisi teks "KELAMIN" sesuai dengan label field jenis kelamin pada database sedangkan I3 berisi teks "L" yang mengatakan tipe/jenis kelamin pada database yang akan dihitung nilai rata-ratanya.
Fungsi DMAX Excel
Kalau fungsi MAX dipakai untuk mendapat nilai nilai maksimum dari sebuah range data secara umum, fungsi DMAX pada excel dipakai menghasilkan nilai angka terbesar field record sebuah database yang sesuai dengan syarat atau kriteria yang anda tentukan.
Cara Menggunakan Fungsi DMAX
Contoh rumus DMax Misalnya dipakai pada database diatas untuk mengetahui usia tertinggi untuk pegawai Laki-laki, rumus DMAX yang dipakai adalah:
=DMAX(B2:G10;"UMUR";I2:I3)
Seperti sebelumnya jangan lupa menyesuaikan range kriteria yang digunakan.
Fungsi DMIN Excel
Kebalikan dari fungsi DMAX, fungsi DMIN pada excel dipakai menghasilkan nilai angka terkecil field record sebuah database yang sesuai dengan syarat atau kriteria yang anda tentukan. Sama dengan fungsi MIN yang dipakai untuk mendapat nilai minimum sebuah range angka tanpa kriteria tertentu.
Cara Menggunakan Fungsi DMIN
Misalnya untuk mengetahui pegawai perempuan termuda dan tercanti pada databse diatas (ehh tanpa tercantik ya) ialah dengan memakai rumus DMIN excel ibarat berikut ini:
=DMIN(B2:G10;"UMUR";I2:I3)
Pada contoh rumus DMin di atas nilai umur atau usia pegawai terkecil yang dihasilkan ialah 22 Tahun untuk jenis kelamin wanita.
Fungsi DCOUNT Excel
Mirip dengan fungsi Count yang dipakai untuk menghitung sel-sel dalam range data yang berisi angka, fungsi DCOUNT pada excel juga dipakai untuk menghitung sel yang berisi angka dalam database, tetapi dengan kriteria tertentu. Kaprikornus bahwasanya fungsi ini lebih ibarat dengan fungsi Countif atau fungsi countifs dalam kategori fungsi statistik.
Cara Menggunakan Fungsi DCOUNT
Contoh fungsi Dcount excel ini contohnya untuk mengetahui jumlah data pada field umur yang berisi angka untuk pegawai yang mendapat honor diatas 1.500.000 rumus excel yang dipakai adalah:
=DCOUNT(B2:G10;"UMUR";I2:I3)
Fungsi DCOUNTA Excel
Fungsi DCOUNTA pada excel dipakai untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam database yang memenuhi kriteria tertentu yang kita tentukan.
Apabila anda sering memakai fungsi COUNTA tentu tidak akan absurd lagi dengan fungsi database satu ini.
Cara Menggunakan Fungsi DCOUNTA
Pada database di atas untuk mengetahui jumlah file atau sel-sel pada field "KELAMIN" yang tidak kosong (ada isinya) Dengan syarat bahwa pegawai tersebut mendapat honor di atas 1.500.000 maka rumus DCOUNTA yang sanggup dipakai ialah sebagai berikut:
=DCOUNTA(B2:G10;"KELAMIN";I2:I3)
Contoh-contoh pada pembahasan fungsi database di atas masih memakai 1 kriteria, barangkali anda lalu akan bertanya bagaimana jikalau kriteria yang ingin kita memutuskan lebih dari satu? Untuk pembahasan pneggunaan fungsi Database dengan banyak kriteria akan kita pelajari pada pembahasan berikutnya: Cara Menggunakan Rumus Database Excel Dengan Banyak Kriteria.
Soo tetap dukung "" dengan share artikel-artikel tutorial pada Blog ini sehingga akan lebih banyak kawan-kawan lain yang ikut mendapat manfaatnya. Juga dengan cara ketik "KA E EL A ES E Ex CE E El" dan kirim ke 95151 ehhh... :)
Post a Comment for "Fungsi Database (Dsum, Daverage, Dmax, Dmin, Dcount, Dan Dcounta) Pada Excel"