Rumus Vlookup Dengan 2 Hasil Pencarian Atau Lebih Pada Microsoft Excel
Jika anda sudah biasa memakai Rumus VLookup dan Hlookup tentu sudah maklum bahwa Fungsi VLookup maupun HLookup hanya sanggup menghasilkan 1 hasil pencarian dari sebuah tabel data, yakni sesuai data pertama yang ditemukan oleh Fungsi VLookup atau HLookup.
Jika kita ingin mendapat hasil pencarian kedua, ketiga dan seterusnya atau vlookup data yang sama bagaimana rumus excelnya?
Untuk lebih memahami maksud hasil pencarian VLookup kedua, ketiga dan seterusnya silahkan perhatikan pola gambar berikut:
Dari pola gambar di atas, kita ingin dikala melaksanakan Lookup atau pencarian memakai fungsi VLookup untuk nama "Budi" Pada Tabel 1 maka setiap data dengan nama "Budi" sanggup masuk ke Tabel ke-2.
Untuk pemecahan masalah soal Vlookup dengan 2 hasil semacam ini ada beberapa cara dan rumus excel yang sanggup kita gunakan.
Untuk pemecahan masalah semacam ini setidaknya ada tiga cara atau rumus yang sanggup kita gunakan. Cara pertama tetap memakai fungsi VLookup excel. Cara kedua yaitu dengan memakai rumus array adonan fungsi INDEX-IF-SMALL. Dan cara ketiga yaitu dengan memanfaatkan fitur advanced filter pada microsoft excel.
Pada kesempatan ini akan kita bahas cara pertama dan kedua saja. Adapun cara ketiga meskipun tidak khusus membahas masalah semacam ini sanggup anda pelajari pada laman berikut: Menampilkan Hasil Advanced Filter di Sheet Lain.
Selanjutnya mari kita berguru rumus excel untuk pemecahan masalah ini.
Cara Mencari Data Yang Sama di Excel Dengan VLOOKUP
Bagaimana cara mencari data yang sama di excel dengan vlookup atau cara menghasilkan 2 Hasil pencarian data dengan Rumus Vlookup?
Sebenarnya Fungsi VLookup tidak sanggup menampilkan 2 hasil pencarian, namun dengan trik tertentu hal ini menjadi mungkin dilakukan dengan fungsi VLookup. Namun sebelum itu, tentunya syarat pertama anda harus tahu dulu bagaimana memakai fungsi VLookup pada microsoft excel.
Untuk panduan rumus excel VLookup sanggup anda pelajari pada bab berikut: Cara memakai rumus excel Vlookup.
Jika ingin Vlookup mendapat 2 hasil atau lebih dari pencarian data maka kita butuh untuk menciptakan kolom dummy atau kolom bantu.
Langkah-langkah yang perlu kita lakukan yaitu sebagai berikut:
Buatlah satu kolom bantu disebelah kiri tabel pertama. Kemudian gunakan rumus excel menyerupai berikut ini kemudian copy-paste ke bawah:
=C3&COUNTIF($C$3:C3;C3)
Rumus diatas dipakai untuk menambahkan counter untuk setiap data yang ada pada kolom nama sehingga data tersebut menjadi unik/tidak ganda lagi pada kolom dummy (bantu).
Perhatikan bahwa pada fungsi countif ini kita memakai referensi semi absolut.
Setelah menciptakan kolom bantu di atas buat juga kolom bantu di sebelah kiri tabel kedua. Pada baris pertama kolom tabel tersebut masukkan rumus excel menyerupai dibawah ini, kemudian copy-paste ke sel lain dibawahnya sebanyak yang anda butuhkan:
=$H$2&G4
Sehingga hasilnya akan menyerupai pola gambar di bawah ini:
Kolom inilah yang akan kita gunakan sebagai kunci pencarian untuk fungsi VLookup.
Kebetulan pada pola ini ada kolom NO. yang sanggup kita manfaatkan untuk menyusun counter nama, kalau tidak ada anda sanggup memanfaatkan fungsi ROW untuk mengisi kolom bantu ini. Sehingga rumus excel alternatif yang sanggup anda gunakan yaitu sebagi berikut:
=$H$2&ROW()-3
Atau
=$H$2&ROW(A1)
Ketiga rumus terakhir ini akan menghasilkan nilai yang sama pada kolom bantu. Makara terserah rumus yang mana yang anda pilih. Intinya buat kolom bantu dengan counter 1,2,3 dan seterusnya hingga kemungkinan maksimal banyaknya data yang mungkin akan ditemukan oleh Vlookup.
Setelah dua kolom bantu di atas selesai anda buat maka tahap persiapan sudah cukup, berikutnya anda tinggal menerapkan rumus Vlookup menyerupai biasanya.
Pada baris pertama kolom setoran gunakan rumus VLookup menyerupai ini:
=VLOOKUP(F4;$A$2:$D$12;4;FALSE)
Kemudian kopi paste kebawah.
Jika hanya ada tiga data pada tabel maka untuk baris ke-4 dan seterusnya akan menghasilkan nilai error #NA. Untuk menghilangkan nilai error #NA ini tambahkan fungsi IFERROR pada rumus di atas sehingga hasil balasannya menyerupai berikut:
=IFERROR(VLOOKUP(F4;$A$2:$D$12;4;FALSE);"")
Untuk kolom Nama pada Tabel2, dengan sedikit pembiasaan anda sanggup memakai rumus VLookup yang sama menyerupai apda pola gambar di bawah:
Untuk selanjutnya anda sanggup menyembunyiikan 2 kolom bantu di atas, supaya Tabel data terlihat lebih bagus.
Pada masalah Vlookup ini, kalau tidak menghendaki kolom bantu, adakah cara lainnya?
2 Hasil Pencarian Dengan Rumus INDEX-IF-SMALL Excel
Dengan cara VLookup, anda harus memakai kolom dummy supaya untuk mendapat 2 hasil pencarian atau lebih. Jika tidak menghendaki adanya kolom bantu anda sanggup memakai rumus array adonan INDEX-IF-SMALL berikut ini.
=IFERROR(INDEX($D$3:$D$12; SMALL(IF($C$3:$C$12=$H$2; ROW($C$3:$C$12)-ROW($C$2)); ROW(A1)));"")
Akhiri penulisan rumus di atas dengan menekan Ctrl + Shift + Enter.
Tanda {...} tidak ditulis manual, melainkan hasil otomatis sesudah anda tekan Ctrl + Shift + Enter secara gotong royong sesudah menuliskan rumus di atas.
Sesuaikan Array/referensi Index rumus pada baris pertama kolom nama pada Tabel 2 menyerupai berikut:
=IFERROR(INDEX($C$3:$C$12; SMALL(IF($C$3:$C$12=$H$2; ROW($C$3:$C$12)-ROW($C$2)); ROW(A1)));"")
Penjelasan untuk rumus ini akan saya bahas lain waktu.
Sebagai epilog tutorial rumus excel kali ini, jangan ragu untuk share tutorial excel ini supaya lebih banyak yang sanggup mengambil manfaatnya. Salam .
Post a Comment for "Rumus Vlookup Dengan 2 Hasil Pencarian Atau Lebih Pada Microsoft Excel"