Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Persentase (%) Di Excel

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel?

Menghitung persentase atau persen tidak sanggup dipisahkan ketika mengolah serta menyajikan hasil analisa data. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna atau pembaca data untuk menangkap pesan yang disampaikan oleh hasil analisa data yang disajikan.

Selain itu banyak juga perhitungan pada microsoft excel yang melibatkan rumus persen excel, semisal menghitung bunga bank, menghitung persen diskon, persen komisi dan lain sebagainya.

Karena itulah pada pembahasan kali ini kelas excel akan mengajak Anda untuk berguru bagaimana menghitung rumus persentase khususnya dengan microsoft excel.

Persentase atau perseratus yaitu adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan penggalan dari seratus. Persentase sering ditunjukkan dengan simbol "%". Persentase juga dipakai meskipun bukan unsur ratusan. Bilangan itu kemudian diskalakan semoga sanggup dibandingkan dengan seratus. (Wikipedia)

Persentase dinyatakan dalam satuan persen atau dalam bahasa Inggris "percent" yang merupakan akronim dari kata per centum yang berarti per seratus.

Bilangan persen dinyatakan dengan lambang satuan %.

Setiap bilangan angka intinya sanggup dinyatakan sebagai rasio perbandingan dengan angka 1. Angka 0,5 misalnya, jikalau dinyatakan sebagai perbandingan, maka nilainya sanggup ditulis sebagai 0,5/1.

Jika angka 0,5 dinyatakan dalam bentuk penggalan per seratus(persen) maka nilainya 50% yang didapatkan dengan mengalikan angka 0,5 dengan 100% atau 100/100.

50% atau 50 persen artinya 50 perseratus yang nilainya sama dengan 50/100 = 0,50/1 = 0,50.

Lalu bagaimana cara menghitung persentase di Excel?


Cara Menampilkan Format Persen(%) di Excel


Bagaimana cara menampilkan format persen(%) di excel?

Sebelum membahas cara menghitung persentase di excel, kita perlu tahu dulu konsep penulisan persen atau cara menciptakan persen di excel.

Microsoft excel telah menyediakan fitur untuk merubah sebuah nilai angka yang ada di cell excel ke dalam banyak sekali macam format angka.

Salah satu format angka tersebut yaitu format persentase(Percentage) sebagaimana dijelaskan sebelumnya pada tutorial wacana Custom Number Format Pada Excel

Setidaknya ada 3 cara yang sanggup Anda pilih untuk mengubah atau menampilkan sebuah nilai angka pada Microsoft Excel supaya menampilkan lambang bilangan persen. Antara lain:
  1. Mengetikkan pribadi lambang satuan % pada cell excel setelah mengetikkan sebuah angka.
  2. Memformat cell excel dengan mengubah style format persen(%) pada Tab Home--Number--Percent(%).

    Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

    Cara ini sanggup juga dilakukan dengan Shortcut Ctrl + Shift + %.
  3. Memilih format percentage pada kotak obrolan Format Cells.

    Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Dari ketiga cara tersebut, cara menampilkan persen(%) yang kedua yaitu yang lebih lazim digunakan.

Catatan:
  1. Jika angka ditulis setelah cell diformat ke dalam persentase maka angka tersebut akan pribadi menjadi bilangan persentase.
  2. Jika angka dimasukkan ke dalam cell terlebih dahulu tanpa lambang %, kemudian cell tersebut di format ke dalam style persen maka excel akan otomatis mengalikan angka tersebut dengan bilangan 100 terlebih dahulu.

Cara Menghitung Persentase(%) di Excel


Bagaimana cara menghitung persen?

Sebelum menghitung persen di excel, kita perlu tahu konsep menghitung persentase secara umum.

Untuk sanggup mencari atau menghitung persentase setidaknya diharapkan 2 Variable.
  1. Nilai yang akan di hitung persentasenya.
  2. Nilai pembanding dari nilai yang akan dihitung persentasenya.

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Misal dari 10 soal Test yang diberikan anda sanggup menjawab 8 soal dengan benar. berapakah persentase tanggapan benar anda?

Maka jawabnya adalah:

8/10 * 100%

Hasilnya yaitu 80%. Dimana 8 yaitu nilai yang akan dihitung persennya dan 10 yaitu nilai pembandingnya.

Adapun persentase tanggapan salah yaitu 20% didapatkan dengan rumus:

2/10 * 100%

Dalam rumus menghitung persentase, setidaknya dikenal 2 tipe rumus persentase, yakni persentase proporsi dan persentase perubahan.

Persentase perubahan sendiri ada 2 jenis yakni:
  1. Persentase Kenaikan
  2. Persentase Penurunan

Menghitung Persentase Proporsi


Proporsi yaitu penggalan yang pembilangnya merupakan bab dari penyebutnya.

Dengan kata lain persentase proporsi menghitung persentase dari sebuah variabel dengan membandingkan variabel tersebut dengan pembandingnya yang mana varibale tersebut merupakan bab dari variable pembanding tersebut.

Contohnya kasusnya begini:

Semisal pada tahun anutan gres ada 200 siswa yang mendaftar. Dari 200 siswa pendaftar tersebut 80 siswa yaitu pria dan sisanya 120 siswa yaitu perempuan.

  • Berapakah persentase siswa pria dari seluruh pendaftar?
  • Berapakah persentase siswa pria dari seluruh pendaftar?

Untuk menghitung persentase tersebut mengikuti rumus matematika berikut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Dengan mengacu rumus matematika diatas cara menghitung persentase di excel yaitu sebagai berikut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Sebenarnya untuk melaksanakan perhitungan persentase pada microsoft excel, anda tidak perlu mengalikan dengan angka 100% alasannya ketika anda merubah format ke dalam style persen (%), excel secara otomatis akan mengalikan hasil perhitungan dengan 100%. Sehingga dengan memakai rumus excel menyerupai dibawah ini akan menghasilkan nilai persentase yang sama dengan rumus excel sebelumnya.

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Catatan: Rubah format pada kolom C menjadi style persen (%)

Menghitung Persentase Perubahan


Dalam matematika, persentase perubahan dipakai untuk menawarkan selisih atau perbedaan antara nilai sebelum dan nilai sesudah dalam bentuk persen nilai sebelum.

Secara matematis menghitung persentase perubahan ini mengikuti kaidah rumus berikut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Perhatikan tumpuan rumus menghitung persentase selisih atau persentase perubahan di excel berikut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 kemudian copy paste ke bawah:

=(B3-B2)/B2

B3 merupakan nilai gres sedangkan B2 merupakan nilai awal (lama). B3-B2 dipakai untuk mencari nilai perubahan atau selisih data usang dan data yang baru.

Dari hasil rumus persentase diatas sanggup kita lihat bahwa pada bulan Januari tidak ada perubahan pendapatan (0%) dimana pada kedua bulan tersebut sama-sama menghasilkan pendapatan Rp.500.000.

Pada bulan Februari jikalau dibandingkan dengan bulan Januari didapatkan peningkatan penghasilan dari Rp.500.000 menjadi Rp.750.000. Artinya ada kenaikan 50% dari bulan sebelumnya atau senilai Rp.250.000.

Sedangkan pada bulan Maret nilai pendapatan turun dari Rp.750.000 pada bulan Februari menjadi hanya Rp.350.000 atau -50% dari bulan sebelumnya.

Contoh semacam inilah yang dimaksud dengan persentase perubahan dimana nilai yang dibandingkan bukan bab nilai pembandingnya. Artinya Pendapatan bulan Januari contohnya bukan akumulasi dari pendapatan bulan sebelumnya. Berbeda dengan tumpuan menghitung persentase proporsi sebelumnya dimana nilai yang dibandingkan (Jumlah laki-laki/perempuan) merupakan bab dari nilai pembanding yakni julah keseluruhan siswa baru.

Note:
  1. Nilai persen 0 menawarkan bahwa nilai tersebut tidak mengalami perubahan dari nilai lama.
  2. Nilai persen positif(+) menawarkan ada peningkatan/perubahan naik dari nilai sebelumnya.
  3. Nilai persen negatif(-) menawarkan ada penurunan/perubahan turun dari nilai sebelumnya.

Selanjutnya akan kasih tumpuan lain wacana pesentase perubahan jenis kenaikan dan penurunan.

Menghitung Persentase Perubahan Kenaikan


Persentase perubahan kenaikan menawarkan seberapa besar persen penambahan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai penambahan didapatkan dengan mengurangi nilai gres dengan nilai lama.

Secara matematis rumus perhitungannya yaitu sebagai berikut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Contoh rumus perhitungan persentase kenaikan pada excel yaitu sebagai berikut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 kemudian copy paste ke bawah:

=(B3-B2)/B2

Menghitung Persentase Perubahan Penurunan


Persentase perubahan penurunan menawarkan seberapa besar persen penurunan nilai lama dibandingkan dengan nilai lama. Nilai perubahan didapatkan dengan mengurangi nilai usang dengan nilai baru.

Secara matematis rumus perhitungan persennya yaitu sebagai berikut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Contoh perhitungan persentase penurunan dengan rumus excel yaitu sebagai berikut:

Bagaimanakah cara menghitung persen di excel Cara Menghitung Persentase (%) di Excel

Tuliskan rumus excel berikut pada cell C3 kemudian copy paste ke bawah:

=(B2-B3)/B2

Pada persentase perubahan, nilai minus bahu-membahu juga menawarkan persentase perubahan penurunan.

Semoga klarifikasi ini sanggup menjawab permasalahan anda wacana bagaimana cara menghitung persentase di excel.

Jika ada pertanyaan, saran atau kritik, silakan tulis di kotak komentar di bawah ini. Serta bagikan goresan pena ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga sanggup mendapat manfaat yang sama.

Untuk request tutorial excel silahkan kirimkan email yang tersedia di laman kontak kami.

Post a Comment for "Cara Menghitung Persentase (%) Di Excel"