Cara Menciptakan & Memakai Tabel Di Microsoft Excel
Belajar cara menciptakan tabel di excel yuk.
Pada tutorial ini, akan mengajak Anda untuk mencar ilmu wacana cara menciptakan tabel di microsoft excel, cara mengubah nama tabel serta cara menghapus tabel excel yang sanggup diterapkan pada microsoft excel 2007, 2010, 2013, maupun excel 2016.
Penting untuk mengakibatkan sebuah range data microsoft excel sebagai sebuah format tabel excel.
Manfaat menciptakan tabel pada excel ialah mempermudah dalam mengolah dan menganalisa data yang Anda miliki. Seperti untuk melaksanakan aktifitas pengurutan (sort), memfilter, mempercantik tampilan serta mempermudah dalam penulisan serta memakai rumus-rumus excel.
Membuat tabel di excel ini bukan hanya sekedar memperlihatkan border atau garis-garis pembatas pada sebuah range data. Namun benar-benar mengakibatkan sebuah range data sebagai sebuah format tabel memakai Table tools yang telah disediakan oleh ms excel.
Ketika sebuah range data pada excel Anda format sebagai tabel di microsoft excel maka akan muncul sebuah Contextual Tabs, yakni berupa hidangan Tab Design yang hanya muncul atau terlihat ketika sebuah excel table telah Anda buat dan dipilih.
Selain itu, dengan menciptakan tabel di excel juga akan mempermudah ketika Anda membutuhkan dan menciptakan sebuah PivotTable sebagai summary data yang Anda olah.
Pengertian Data Tabael di Excel
Secara umum pengertian tabel ialah sebuah daftar yang memuat ringkasan sejumlah data atau gosip yang saling terkait. Informasi ini sanggup berupa teks atau angka yang tersusun secara sistematis pada sejumlah baris dan kolom sehingga lebih gampang untuk di baca dan difahami keterkaitan isinya.
Bayangkan bahwa sebuah tabel pada microsoft excel merupakan sekumpulan baris dan kolom tertentu pada sebuah lembar kerja (worksheet) excel.
Microsoft excel telah menyediakan sebuah alat atau fitur yang powerful untuk mengelompokkan data-data yang saling terkait terhadap suatu gosip tertentu membentuk sebuah Tabel Data khusus semacam ini.
Jangan salah, anda mungkin berpikir bahwa data yang Anda buat di Excel sudah ada dalam Format Tabel yang benar hanya alasannya ialah sudah terkumpul menjadi satu pada beberapa baris dan kolom tertentu, lalu anda beri border pada sisi-sisnya.
Data anda tidak akan menjadi sebuah format khusus tabel excel sebagaimana yang dimaksudkan dalam pembahasan tutorial excel ini hingga anda telah memakai fitur Excel Data Table yang spesifik.
Perhatikan gambar berikut:
Meskipun isi pada kedua tabel data diatas sama persis, namun tabel yang didepan sudah kami ubah dari tabel biasa menjadi format tabel excel.
Selain perbedaan desain, format tabel excel ini juga mempunyai banyak kelebihan bila dibandingkan dengan tabel standart yang mungkin biasa anda gunakan.
Apa saja kelebihan dan manfaat yang sanggup anda peroleh dengan menciptakan tabel pada excel atau memakai Tabel Tools excel ini? Simak klarifikasi berikutnya.
Manfaat Menggunakan Format Tabel Excel
Apa saja laba atau kelebihan memakai format tabel di excel?
Keuntungan atau manfaat yang sanggup Anda dapatkan dengan Membuat Tabel Excel diantaranya ialah sebagai berikut:
- Anda dengan gampang sanggup menerapkan aneka macam macam desain atau gaya tabel yang berbeda-beda sesuai dengan yang anda inginkan.
- Dapat dengan gampang memberikan nama pada tabel sehingga lebih gampang untuk diingat serta mempermudah ketika menggunakannya sebagai acuan rumus atau formula excel. Nama Tabel disini menyerupai dengan nama range yang sudah kami bahas pada pecahan lain.
- Pada format tabel excel, Anda akan dengan gampang sanggup menambahkan baris-baris data tanpa mengubah acuan tabel serta secara otomatis akan menyesuaikan desain dan rumus excel yang sudah ada. Hal ini sedikit berbeda dengan nama range biasa, dimana Anda perlu melaksanakan sedikit trik biar nama range sanggup menyesuaikan penambahan atau pengurangan data menyerupai yang sudah kami bahas pada panduan pembuatan nama range dinamis.
- Dengan Tabel Excel Anda sanggup menambahkan tombol filter dan subtotal secara otomatis dengan mudah.
Lalu bagaimana cara menciptakan tabel di excel biar mendapat manfaat tersebut? Kita lanjutkan pada pembahasan berikutnya.
Cara Membuat Tabel di Excel
Bagaimanakah langkah-langkah menciptakan tabel di Excel?
Cara menciptakan tabel di Excel 2007 bekerjsama hampir sama dengan cara buat tabel di Microsoft Excel versi 2003. Begitu pula untuk versi microsoft excel 2010, 2013 atau Excel 2016.
Pada pembahasan ini kami memakai excel 2016 sebagai pola pembuatan Format Tabel Excel.
Ada 2 cara untuk menkonversi sebuah rentang atau range data biasa menjadi sebuah format Tabel Data memakai Tabel Tools pada excel:
Cara Membuat Table Microsoft Excel Dengan Menu Insert Table
Langkah-langkah untuk membuat tabel di excel memakai perintah Insert Table ialah sebagai berikut:
- Seleksi rentang data yang ingin Anda ubah menjadi tabel.
- Pilih Tombol Table Pada Tab Insert--Group Tables. Untuk langkah cepat anda sanggup mencoba memakai shortcut tombol Ctrl + T atau Ctrl + L.
- Berikutnya akan muncul sebuah Option Box atau kotak pilihan "Create Tabel"
- Pada Kotak pilihan ini pastikan rentang sel atau range data yang ingin Anda jadikan tabel sudah benar.
- Jika range data yang ingin Anda jadikan tabel mempunyai HEADERS atau Judul Kolom maka centang pecahan "My tabel has headers". Jika tidak dicentang maka dibagian atas tabel yang Anda buat akan muncul sebuah header gres dengan nama Column1, Column2 dan seterusnya. Nama-nama header tabel ini sanggup Anda ubah.
- Klik OK dan Selesai. Sebuah tabel gres telah muncul di lembar kerja Excel Anda.
Cara Membuat Tabel Excel Dengan Menu Format as Table
Cara kedua untuk menkonversi range data menjadi tabel excel ialah dengan memakai Menu Format as Table. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:
- Seleksi atau pilih rentang data yang ingin Anda jadikan tabel.
- Pada Tab Home dan pecahan Group Style pilih hidangan "Format as Table"
- Pilih salah satu design tabel yang Anda kehendaki.
- Muncul sebuah Option Box atau kotak pilihan "Create as Tabel"
- Pada Kotak pilihan ini pastikan rentang sel atau range data yang ingin Anda jadikan sebagai tabel sudah benar.
- Seperti cara pertama bila range data yang ingin Anda jadikan tabel mempunyai HEADERS atau Judul Kolom maka centang pecahan "My tabel has headers".
- Klik OK dan Selesai. Sebuah tabel gres telah muncul di worksheet Anda.
Setelah berhasil menciptakan tabel pada microsoft excel, selanjutnya kita akan mencar ilmu wacana cara mengubah nama tabel excel.
Cara Mengganti Nama Tabel di Excel
Bagaimanakah cara mengubah nama tabel di excel?
Secara default tabel pertama yang Anda buat biasanya akan diberi nama "Table1". Anda sanggup mengubah atau mengganti nama default ini sesuai impian Anda supaya lebih merepresentasikan isi tabel dan gampang untuk diingat.
Ada beberapa cara yang sanggup Anda lakukan untuk mengubah nama tabel pada microsoft excel menyerupai dijelaskan pada pecahan dibawah ini.
Cara Pertama
Cara pertama yang sanggup Anda lakukan untuk mengubah nama tabel excel ialah sebagai berikut:
- Pilih Tabel yang ingin Anda ubah namanya.
- Muncul hidangan Contekstual tab "Tabel Tools-Design". Kemudian klik atau pilih TAB Design yang muncul ini.
- Pada sisi paling kiri hidangan ini, pada pecahan properties Table Name: tuliskan nama tabel yang Anda kehendaki lalu tekan Enter. Catatan: nama tabel dilarang mengandung spasi.
Cara Kedua
Selain memakai cara pertama diatas, Anda juga sanggup mengikuti cara berikut untuk merubah nama tabel excel.
- Pilih hidangan Formulas.
- Pada group Defined Names pilih Name Manager.
- Muncul Box Name Manager. Pilih hidangan Edit atau Double Click pada nama tabel yang ingin Anda rubah namanya.
- Muncul Edit Name Box. Pada pecahan Name rubah nama tabel seusia impian Anda.
- Klik OK dan Selesai. Tabel telah mempunyai nama yang baru.
Setelah mengetahui cara menciptakan dan mengganti nama tabel di excel, selanjutnya kita akan mencar ilmu wacana cara menghapus format tabel di excel.
Cara Menghapus Tabel Excel
Bagaimanakah cara menghapus tabel di excel?
Adakalanya sesudah menciptakan format tabel, untuk beberapa alasan tertentu kita ingin menghapus format tabel excel tersebut.
Menghapus format tabel disini mempunyai tiga makna:
- Menghapus tabel beserta isinya.
- Menghapus isi tabel tanpa menghapus format tabelnya.
- Menghapus format tablenya saja tanpa menghilangkan isinya.
Menghapus Tabel dan Isinya
Untuk menghapus sebuah tabel secara keseluruhan (format dan isisnya), seleksi tabel tersebut seluruhnya. Termasuk headernya bila ada. lalu tekan tombol delete pada keyboard.
Menghapus Isi Tabel saja
Jika Anda hanya ingin meghapus isi tabel dan tetap mempertahankan Tabel beserta formatnya. Pilih atau seleksi semua baris (row) kecuali baris pecahan header. lalu tekan delete.
Menghapus Tabel dan tetap mempertahankan Isi dan Formatnya.
Bagaimana bila kita ingin menghapus format tabel excel namun tetap mempertahankan isinya sehingga menjadi sebuah range data biasa?
Jika anda bermaksud menghapus format tabelnya saja tanpa menghapus isi tabel tersebut maka ikuti langkah-langkah berikut :
- Pilih pecahan mana saja pada Tabel.
- Setelah muncul Contekstual tab "Tabel Tools-Design". Pilih TAB Design tersebut dan pada group Tools Pilih hidangan Convert to Range.
Praktis bukan?
Post a Comment for "Cara Menciptakan & Memakai Tabel Di Microsoft Excel"