4 Cara Gampang Menciptakan Nomor Urut Otomatis Dengan Microsoft Excel
Cara menciptakan nomor urut di Excel - Ketika kita menciptakan sebuah tabel data, menciptakan nomor urut yaitu sesuatu yang lazim kita lakukan. Untuk menciptakan nomor urut bisa kita lakukan dengan mengetikkan angka satu persatu pada sel tertentu yang kita kehendaki.
Cara menciptakan nomor urut menyerupai ini tentu sangat mudah, namun bagaimana kalau tabel data yang kita buat mempunyai ribuan baris atau record?
Ada banyak cara lain selain mengetikkan angka satu persatu secara manual menyerupai keterangan diatas. Pada artikel tutorial excel kali ini saya akan membahas beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk menciptakan penomoran otomatis pada microsoft excel.
Setidaknya ada 4 Cara yang bisa kita lakukan untuk menciptakan penomoran pada microsoft Excel. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menciptakan penomoran otomatis.
1. Membuat Nomor Urut Manual
Cara menciptakan penomoran yang pertama yaitu dengan cara menuliskan urutan angka satu persatu secara manual. Mengetikkan angka secara manual menyerupai ini bisa dibilang cara yang paling dasar dan mudah. Namun demikian cara ini termasuk cara yang sering saya hindari. kenapa? coba bayangkan saja kalau nomor urut data yang kita buat berjumlah ribuan.
Cara menciptakan nomor urut secara manual semacam ini sebaiknya anda tinggalkan. Alternatifnya yaitu cara kedua dibawah ini.
2. Membuat Penomoran Otomatis Dengan Autofill Excel
Cara kedua yaitu dengan menggunakan fitur autofill pada microsoft excel. Membuat nomor urut otomatis dengan memanfaatkan fitur autofill excel ini cukup mudah. Kita cukup menciptakan satu dua nomor sebagai awalan lalu kita cukup dragging ke bawah atau ke arah yang kita kehendaki.
Cara menyerupai ini merupakan cara yang sering dipakai oleh pengguna excel dalam menciptakan penomoran otomatis pada microsoft excel. Untuk langkah-langkah detailnya sudah saya bahas pada artikel tutorial excel terdahulu dengan judul "Belajar Menggunakan Auto Fill Data pada Microsoft Excel".
Menggunakan autofill excel sangat efektif kalau nomor urut yang kita buat hanya berkisar puluhan atau ratusan. Jika jumlah data yang akan kita beri nomor urut ribuan, berdasarkan saya cara ini kurang efektif.
Masih adakah cara lainnya? ya, kalau anda bermaksud menciptakan nomor urut berjumlah ribuan gunakan cara nomor tiga.
3. Membuat Penomoran Otomatis Dengan Menu Fill Excel
Jika record atau baris tabel data yang akan kita buat berjumlah ribuan saya sarankan menggunakan cara ini untuk menciptakan penomoran otomatis.
Lalu bagaimana langkah-langkah membuat penomoran otomatis dengan hidangan fill excel ini? ikuti cara menciptakan penomoran otomatis dengan hidangan fill berikut:
- Tuliskan secara manual nomor awal (pertama) penomoran yang akan kita buat. Dalam pola ini saya menuliskan angka 1 (satu) pada cell A2. Kemudian Pilih/ Select cell A2 tersbut.
- Pilih Tab Home--Group Editing--Fill--Series... menyerupai gambar berikut
- Muncul Option Box Series
- Jika penomoran otomatis yang akan kita buat ke arah bawah atau dalam satu kolom maka pilihlah Columns. Sebalikanya pilihlah Rows kalau penomoran yang akan kita buat ke arah kanan. Pada pola ini saya pilih Columns.
- Pada bab type pilihlah Linear
- Pada bab Step Value isilah penambahan pada setiap urutan penomoran. Defaultnya yaitu 1.
- Pada bab Stop Value isilah nomor terakhir yang kita kehendaki contohnya 1000.
- Klik OK dan lihat hasilnya.
Dengan cara ini menciptakan penomoran sammpai ribuan atau jutaan tentu sangatlah mudah. Tentunya lebih efektif daripada menggunakan autofill menyerupai cara kedua.
Ehh sudah tahu berapa jumlah kolom dan baris maksimal Microsoft Office? Jangan hingga salah mengisi Stop value melebihi batasan kemampuan Excel. Baca Artikel "Spesifikasi dan Batasan Microsoft Excel" untuk mengetahuinya.
Jika nomor urut yang kita kehendaki berdasarkan syarat atau kriteria tertentu bagaimana cara membuatnya? Ikuti cara selanjutnya.
4. Membuat Penomoran Otomatis Dengan Rumus Excel
Selain dengan ketiga cara diatas masih ada cara lain untuk menciptakan penomoran otomatis pada microsft excel. Cara keempat ini yaitu dengan menggunakan rumus-rumus excel.
Rumus excel yang sering dipakai untuk penomoran otomatis antara lain fungsi IF, COUNT, COUNTA, ROW dan lain-lain sesuai kebutuhan.
Fungsi-fungsi Excel ini bisa dipakai untuk menciptakan sebuah rumus excel untuk menciptakan penomoran otomatis berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya nomor pada kolom A akan muncul kalau kolom B ada isinya.
Sebagai pola masukkan rumus excel berikut pada cell A2:
=IF(B2="";"";ROW()-1)
Kemudian copy-paste rumus tersebut ke sel-sel lain dibawahnya.
Dengan rumus diatas maka kolom A akan otomatis terisi nomor urut kalau pada kolom B ada isi atau kita tuliskan data tertentu, misal nama seseorang pada pola diatas.
Barangkali anda punya problem dengan penomoran otomatis excel ini. Sampaikan dikolom komentar pada bab bawah artikel ini. Lain waktu akan saya buatkan tutorialnya.
Akhirnya cara menciptakan nomor otomatis yang mana yang anda pilih? Atau teman punya alternatif lain? Beritahu saya kalau ada. Saya juga masih berguru sob ...
Jangan lupa simpan atau bagikan halaman ini. Kaprikornus sewaktu-waktu anda lupa bisa segera membuka kembali tutorial excel ini.
Post a Comment for "4 Cara Gampang Menciptakan Nomor Urut Otomatis Dengan Microsoft Excel"